Gelar Musrenbang, Pemkab Kediri Susun Strategi Bersaing Level Nasional

Gelar Musrenbang, Pemkab Kediri Susun Strategi Bersaing Level Nasional Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat membuka acara dengan memukul gong. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar musrenbang RPJMD di Pendopo Panjalu Jayati, Rabu (5/5/2021) kemarin. Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana membuka secara langsung acara tersebut.

Mas Bup Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri, dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan Musrenbang RPJMD bertujuan untuk penajaman, penyelarasan, dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD.

“Sebagaimana peraturan yang berlaku, paling lambat 6 bulan sejak dilantik maka dokumen RPJMD ditetapkan menjadi dasar pelaksanaan pembangunan jangka menengah daerah 5 tahun ke depan,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Mas Bup Dhito, Musrenbang RPJMD juga bertujuan memperoleh masukan penyempurnaan dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan terhadap rancangan RPJMD, sebelum berubah menjadi rancangan peraturan daerah (raperda) RPJMD.

“Berdasar capaian pembangunan dan isu strategis utama pembangunan di Kabupaten Kediri, maka visi pembangunan jangka menengah Kabupaten Kediri adalah terwujudnya masyarakat Kabupaten Kediri yang maju, berkarakter nasionalis religius, serta sejahtera berdasarkan ekonomi kerakyatan yang didukung birokrasi yang melayani,” tambahnya.

Dalam paparannya, Mas Bup Dhito juga menyampaikan sembilan misi yang diusung dalam pemerintahannya, yakni sebagai berikut:

- Pengembangan sumber daya manusia yang berkarakter nasionalis religius.

- Reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

- Pengembangan ekonomi kerakyatan dan peningkatan investasi daerah.

Simak berita selengkapnya ...