Tuli Mengaji, Inovasi Pelatihan Mengaji Kotugres dengan Metode Amakasa

Tuli Mengaji, Inovasi Pelatihan Mengaji Kotugres dengan Metode Amakasa Pelatihan Membaca Alqur’an Isyarat dengan Metode Amakasa ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Senin dan Selasa (3-4 Mei 2021) bertempat di Aula Kantor UPT Resource Center Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Aktivitas merupakan salah satu bentuk ibadah bagi umat muslim di seluruh dunia. Mengaji menjadi sarana manusia untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta melalui bacaan-bacaan ayat suci Alqur’an.

Sejak kecil, umumnya anak-anak muslim sudah diajarkan oleh orang tua maupun melalui kelompok TPA (Taman Pendidikan Alqur’an). Dengan demikian, tidak heran kalau kegiatan belajar sangat melekat dalam proses tumbuh kembang anak.

Namun bagaimana proses belajar bagi anak penyandang ? Mengaji tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri baik bagi anak-anak penyandang maupun bagi para orang tua dan tenaga pendidik.

Untuk menjawab keresahan tersebut, UPT Resource Center Gresik bekerja sama dengan PT Pertamina Gas Operation East Java Area (Pertagas EJA) mengadakan kegiatan Pelatihan Membaca Alqur’an Isyarat dengan Metode Amakasa. Metode Amakasa sendiri adalah cara membaca Alqur’an dengan memadukan tiga konsep untuk merehabilitasi pendengaran dengan bina persepsi bunyi dan irama melalui kata lembaga.

Kegiatan Pelatihan Membaca Alqur’an Isyarat dengan Metode Amakasa ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Senin dan Selasa (3-4 Mei 2021) bertempat di Aula Kantor UPT Resource Center Gresik. Kegiatan diikuti 20 orang anak-anak serta orang tua atau pendamping dari SD, SMP, dan SLB di Gresik. Pada kesempatan ini, turut hadir pula Wakil Bupati Gresik, Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd.

Salah satu pelopor lahirnya Metode Amakasa, Innik Hikmatin menyampaikan, metode ini sukses membantu anak-anak dalam membaca Alquran. “Kegiatan Tuli Mengaji ini sebagai bentuk nyata bahwa anak-anak penyandang juga bisa ikut melafalkan ayat-ayat Alqur’an, namun tentu dengan cara mereka sendiri. Kemampuan mereka tidak kalah dari anak-anak normal lainnya.” ujar Innik.

Kegiatan Tuli Mengaji merupakan bagian dari Program Pemberdayaan Masyarakat Daya Krida Gresik yang dijalankan oleh Pertagas EJA selaku afiliasi dari Subholding Gas PT PGN Tbk dengan kelompok sasaran yaitu Komunitas Tuli Gresik (Kotugres). Program ini sudah berjalan sejak tahun 2019 dan berhasil membina 26 orang penyandang tuli dalam bidang menjahit, menyablon, dan pembuatan kerajinan tangan.

Inovasi program terus dijalankan oleh Pertagas EJA bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) untuk menciptakan peluang baru dan membuktikan bahwa penyandang tuli juga memiliki kesempatan yang sama dalam mencapai kemandirian secara ekonomi maupun sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO