Silaturahmi Beralih Virtual, Traffic Data Indosat Naik 10 Persen

Silaturahmi Beralih Virtual, Traffic Data Indosat Naik 10 Persen Indosat terus menjaga jaringan untuk memberikan layanan komunikasi terbaik pada pelanggan. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pasca-diterapkannya aturan pengetatan mobilitas masyarakat, tradisi mudik lebaran kini tergeser dengan silaturahmi virtual. Hal ini dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

Masyarakat Indonesia beralih melakukan silaturahmi secara virtual tanpa perlu harus keluar rumah dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi digital. Kebiasaan baru tersebut mendorong traffic data PT Tbk ( Ooredoo), naik 10 persen. Tentunya ini diimbangi dengan kinerja jaringan 4G berkualitas video yang tetap terjaga selama masa lebaran tahun ini.

Director and Chief Operating Officer Ooredoo Vikram Sinha mengatakan, semakin meningkatnya kebutuhan telekomunikasi masyarakat Indonesia khususnya di layanan data telah diantisipasi Ooredoo sejak awal tahun melalui penambahan kapasitas jaringan, pembangunan site baru, serta fiberisasi jaringan 4G berkualitas video miliknya.

"Dampaknya adalah lonjakan kenaikan traffic data selama masa lebaran tahun ini berhasil diimbangi dengan kualitas layanan prima. Hal ini ditunjukkan dengan kecepatan unduh rata-rata menjadi 9 persen lebih cepat dibandingkan hari biasa," katanya, Selasa (18/5/2021).

Di sisi lain, kualitas layanan seperti telepon dan SMS tetap dijaga. Terbukti, jumlah pengaduan pelanggan yang masuk ke call center dan kanal pelayanan digital turun 37 persen di masa lebaran ini. Lebih dari 90 persen tiket pengaduan berhasil diselesaikan kurang dari 24 jam.

Jumlah pengguna aktif aplikasi myIM3 juga naik sebesar 8 persen dibandingkan hari biasa. Untuk data, diprediksi akan tetap tinggi di masa cuti dan liburan sekolah dalam seminggu ke depan. Data menunjukkan, berhasil mengantisipasi kenaikan traffic data di masa lebaran tahun ini khususnya di wilayah Aceh, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Tim Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Ooredoo Service Operation Center (ISOC) yang tergabung dalam Command Center sejak H-4 lebaran mencatat masyarakat yang tinggal di Aceh, Banjarnegara, Cianjur, Cirebon, Jember, kisaran Tebing Tinggi, Madura, Pati, Serang, dan Tegal sangat aktif memanfaatkan layanan data .

Tercatat pemakaian layanan mobile gaming naik sebesar 90 persen, media sosial naik 26 persen, messaging dan video call naik 21 persen, serta streaming video dan music naik 1 persen. Penggunaan aplikasi TikTok, Instagram, dan WhatsApp pun meningkat tajam, termasuk aplikasi permainan Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

"Kami berkomitmen menjaga kualitas jaringan, produk, dan layanan serta optimal mendukung aktivitas #SilaturahmiTanpaHenti meskipun dilakukan secara virtual," pungkasnya. (diy/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO