Pererat Kolaborasi, Wali Kota dan Bupati Kediri Diskusikan Pengembangan 2 Daerah

Pererat Kolaborasi, Wali Kota dan Bupati Kediri Diskusikan Pengembangan 2 Daerah Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (kiri) saate berbincang akrab dengan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar di Pendopo Panjalu Jayati. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kota dan Kabupaten Kediri adalah dua pemerintah daerah yang bertetangga sangat dekat. Saking dekatnya, letak Pendopo Panjalu Jayati Kabupaten Kediri pun di dalam wilayah Kota Kediri.

Begitu juga, keberadaan Kota Kediri sendiri yang semua wilayahnya berbatasan langsung dengan Kabupaten Kediri. Artinya, wilayah Kota Kediri berada di tengah-tengah Kabupaten Kediri.

Mewujudkan kolaborasi pembangunan bersama, Wali Kota Kediri berkunjung untuk silaturahmi ke Pendopo Panjalu Jayati Kabupaten Kediri, Jumat (21/5). Kunjungan sekaligus mengajak bincang santai Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana membahas hal yang dapat dikembangkan bersama antara Kota dan Kabupaten Kediri.

Wali Kota Kediri mengungkapkan contoh kolaborasi kedua daerah ini yang dapat dilakukan seperti dalam hal pariwisata. Kabupaten Kediri memiliki pariwisata yang sangat banyak dan indah sehingga banyak orang yang ingin berkunjung ke sana.

Sedangkan, untuk hal tempat wisata Kota Kediri memang sedikit, itu sesuai dengan branding-nya sebagai kota pendidikan, jasa dan perdagangan, bukan kota pariwisata. Namun Kota Kediri bisa sebagai penyangga pariwisata Kabupaten Kediri. Misalnya saja orang yang berwisata di Kabupaten Kediri bisa menginap dan berkuliner di Kota Kediri.

“Contoh lainnya dalam hal pendidikan. Banyak orang Kabupaten Kediri yang sekolah di Kota Kediri dan kebetulan kota juga ada sekolah dan kampus negeri/swasta juga,” imbuhnya.

Saat bincang-bincang, menginginkan tidak ada sekat antara Kota dan Kabupaten Kediri. Masyarakatnya pun sudah sangat membaur dan tidak membeda-bedakan.

Karena semua fasilitas yang disiapkan tujuannya agar bermanfaat untuk semua pihak, tidak terpecah-pecah hanya untuk orang kabupaten ataupun hanya untuk orang kota saja. Pembangunan itu semua demi kesejahteraan masyarakat Kediri.

“Saya juga membahas tentang pembangunan Bandara Kediri. Yang perlu dipikirkan bagaimana mempersiapkan jalan sekitarnya dan juga tak kalah penting sumber daya manusianya. Termasuk kita juga harus berpikir ke depannya ada ring road dan lain-lain,” ujar Wali Kota Kediri.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO