Dukung Milenial Berwirausaha, Pemkab Gresik Gelar FGD Gresik Jagoan

Dukung Milenial Berwirausaha, Pemkab Gresik Gelar FGD Gresik Jagoan Wabup Bu Min bersama Mujid Riduan dan Nuri Mardiana saat menghadiri FGD Gresik Jagoan. (foto: SYUHUD/BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Forum Grup Discussion (FGD) Gresik Jagoan bertemakan "Startup Gresik Bangkit Bersama Gresik Jagoan". Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah bersama Wakil Ketua DPRD Gresik Mujib Riduan membuka kegiatan yang diikuti 60 orang tersebut di Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) II, Selasa (25/5/2021).

Dalam sambutannya, menyebutkan, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa jumlah generasi milenial di Kabupaten Gresik mencapai 32,6 persen atau 432.821 orang.

"Jumlah generasi milenial yang besar tersebut membutuhkan pengelolaan dan pendekatan kebijakan yang tepat, sehingga bisa menjadi bonus demografi dan bukan menjadi bencana demografi," katanya.

Karena itu, salah satu program yang tengah digarap Pemkab Gresik saat ini adalah memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan dukungan terhadap para milenial dalam kewirausahaan. Program ini masuk dalam Nawa Karsa yang diusung Bupati Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dan Wabup Aminatun Habibah (Bu Min).

Dengan pengelolaan dan kebijakan yang tepat, Bu Min berharap angka tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kabupaten Gresik yang saat ini sebesar 8,21 persen dapat diturunkan.

"Melalui kegiatan ini, kami berharap ada peningkatan investasi untuk industrialisasi serta UMKM. Kebijakan yang inovatif dan strategis merupakan salah satu cara untuk mendorong minat generasi milenial untuk berwirausaha," jelasnya.

"Ekonomi akan maju bila banyak masyarakatnya yang berwirausaha," tambah Bu Min mengutip pendapat dari salah seorang pemilik startup terkemuka.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Gresik Nuri Mardiana mengatakan bahwa FGD "Startup Gresik Bangkit Bersama Gresik Jagoan" merupakan program pemberdayaan dan pengembangan wirausaha pemuda. Gresik Jagoan adalah jaringan komunitas anak muda berwirausaha.

Menurut dia, selama tahun 2021, kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 2 kali. "Untuk yang pertama kali ini selain para wirausaha milenial, kami mengundang para stakeholder para pemangku kepentingan dari unsur lembaga pendidikan, perguruan tinggi, pondok pesantren, perbankan, dan perusahaan," katanya.

Pembicara dalam kegiatan tersebut, yakni Founder/CEO of Sekarves Indonesia dan Assessor For Indonesia Creative City Network Tyas Ajeng Nastiti, Co-Founder PT Monura Putra Nelayan Gresik Alfina, Dosen FEB Unair (Tim Ahli Bupati) Gigih Prihantono, dan Owner Geprek Mang Soetta Dhimas Arya Putra. (hud/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO