Kamis, 17 Juni 2021 16:30

Bupati Gus Muhdlor Apresiasi Ekspor Perdana Keripik Bolu Ketan ke Turki

Jumat, 11 Juni 2021 01:07 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Mustain
Bupati Gus Muhdlor Apresiasi Ekspor Perdana Keripik Bolu Ketan ke Turki
SIMBOLIS: Bupati Gus Muhdlor melepas ekspor perdana keripik bolu ketan ke Turki, Kamis (10/6/2021). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) mengapresiasi dan mengaku bangga terhadap ekspor perdana keripik brownies ketan yang dilakukan CV Bolu Ketan Mendut ke Turki sebanyak 1.500 pcs, di Tropodo, Kecamatan Waru, Kamis (10/6/2021).

Brownies Ketan Cruncy yang diproduksi IKM tersebut berhasil ekspor ke Australia, Singapura, dan Turki setelah memenuhi persyaratan dari pembeli luar negeri tersebut, salah satunya adalah sertifikasi HACCP, dan sertifikasi SNI 2973:2011.

Kata Bupati Gus Muhdlor, ekspor keripik bolu ketan dari Sidoarjo itu merupakan kali pertama dilakukan dan harus dicontoh oleh IKM dan UMKM lain di Sidoarjo.

“Ini prestasi yang luar biasa. Saya sangat mengapresiasinya. Ekspor ini menjadi contoh serta inspirasi bagi IKM dan UMKM lainnya untuk terus melakukan inovasi, kerja keras, dan pantang menyerah dalam meningkatkan kualitas produknya untuk bisa bersaing ke pasar internasional,” cetus Gus Muhdlor.

BACA JUGA : 

Lepas Ekspor PT Sun Paper Source dan Sidak Harga Pasar Legi Mojosari, Wamendag: Ekspor Kita Surplus

LSM Geber Demo Tanyakan Capaian 100 Hari Kerja Bupati-Wabup Sidoarjo

Wabup Bu Min Lepas Ekspor Sarung Tenun Wedani Cerme ke Timur Tengah

Ekonomi Jatim Bangkit! Ini Data Detailnya!

Katanya, produk IKM dan UMKM Sidoarjo diakuinya telah memiliki kualitas sangat baik dan berkelas untuk dapat diekspor ke luar negeri. Pihaknya akan terus mendukung peningkatan ekonomi bagi IKM dan UMKM di Kabupaten Sidoarjo.

Rencananya Pemkab Sidoarjo akan mempermudah kebutuhan pengusaha, terutama di bidang perizinan. Gus Muhdlor juga mengajak para pelaku UMKM agar merubah paradigma, yakni jangan pernah jadi penonton di daerah kita sendiri.

“Mari pelaku UMKM kita ubah paradigma yang dulu jangan sampai jadi tuan di daerah sendiri. Tetapi harus bisa jadi tuan di daerah lain, yaitu dengan mengekspor produk umkm kita untuk dapat diakui di negara lain," urai Gus Muhdlor.

Selain itu, perlu diketahui juga, kata Gus Muhdlor, Sidoarjo adalah satu satu kabupaten se-Indonesia, yang telah ditetapkan sebagai daerah Kawasan Industri Halal.

"Ini harus didorong, bisa diakselerasikan bukan hanya di Indonesia, tetapi juga ekspor ke luar negeri," cetusnya saat dialog virtual dengan KJRI Turki.

Sementara itu, Jalian Setiarso Pemilik CV Bolu Ketan mengatakan, dengan mengolah dan memproduksi makanan olahan yang baik setelah menerapkan HACCP dan SNI, maka produknya dapat konsisten baik mutu, rasa, maupun keamanannya.

Dengan kapasitas produksi sehari bisa mencapai 800 pcs, maka penjualannya juga meningkat terutama penjualan ekspor perdana ke Turki hari ini, sebanyak 1500 buah.

"Dan nantinya akan berlanjut ke beberapa negara yaitu Hongkong, Australia, dan Singapura yang sudah mengantongi sertifkat HACCP,” beber Arso, panggilan karib Jalian Setiarso. (sta)

Soal Anggaran Menhan untuk Alutsista Rp 1.700 Triliun, Ini Komentar Kiai Asep
Kamis, 17 Juni 2021 00:22 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Heboh anggaran untuk membeli Alutsista sebesar Rp 1.700 Triliun membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus mendapat sorotan publik. Padahal, menurut Prabowo, master plan atau grand design itu permintaan ...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Kamis, 17 Juni 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Di Indonesia, terutama di Bangkalan dan Kudus, Covid-19 mengganas. Ratusan orang meninggal dunia.Tapi di belahan dunia lain Covid-19 justru lenyap. Inilah yang terjadi di California. Warganya pun berpesta. Pesta merd...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...