Peringati HUT ke-103 Kota Madiun, Wali Kota Bersama Forkopimda Nyekar ke Makam Para Leluhur

Peringati HUT ke-103 Kota Madiun, Wali Kota Bersama Forkopimda Nyekar ke Makam Para Leluhur Wali Kota Madiun Maidi, saat tabur bunga di salah satu makam leluhur Kota Madiun, Kamis (17/6).

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Hari Ulang Tahun (HUT)  jatuh pada 21 Juni nanti. Salah satu agenda yang dilakukan pada peringatan HUT ke-103 tahun kali ini adalah ziarah kubur ke Makam Kuncen dan Makam Kuno Taman , Kamis (17/6).

Wali H. Maidi menuturkan, tujuan ziarah kubur adalah memberikan penghormatan kepada para pendiri . Menurutnya, jasa mereka untuk sangat besar karena telah mengorbankan jiwa raganya.

"Ulang tahun merupakan sebuah momentum yang lebih baik ke depan. Dengan ziarah ini kita mendoakan dan mengenang jasa para pendahulu kita yang telah mengabdikan diri bagi ," tegas Maidi usai melakukan ziarah makam, Kamis (17/6/2021)

Ziarah ini, menurut wali kota, tidak hanya semata-mata memberikan penghormatan dan menaburkan bunga di pusara para leluhur, akan tetapi sekaligus memberi edukasi kepada generasi muda tentang patriotisme dan semangat nasionalisme yang menjadi dasar negara Indonesia.

Ada dua tempat yang menjadi jujukan Wali Kota Maidi beserta Forkopimda dan jajaran OPD dalam ziarah. Yakni Makam Kuncen dan Makam Kuno Taman. Dua makam itu merupakan pusara para pendiri .

Pertama, rombongan ziarah ke Makam Taman. Di sana tempat bersemayam sejumlah tokoh penting Madiun. Yakni, Raden Ronggo Prawirodirjo I atau Raden Ronggo Prawiro Sentiko yang menjadi Bupati Brang Wetan Gunung Lawu (1755-1784), Raden Ronggo Prawirodirjo II yang menjabat Bupati Madiun (1784-1797).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO