Bunker Tegalsari akan Difungsikan Jadi Coworking Space Hingga Sentra UMKM

Bunker Tegalsari akan Difungsikan Jadi Coworking Space Hingga Sentra UMKM Bunker Tegalsari yang akan difungsikan sebagai coworking space oleh Pemkot Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemkot melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) telah selesai merevitalisasi Bunker Tegalsari. Bunker yang terletak tepat di belakang Mapolsek Tegalsari itu rencananya bakal dimanfaatkan sebagai coworking space dan tempat display produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung DPRKP-CKTR Iman Krestian mengatakan, sebenarnya revitalisasi ini sudah dimulai sejak tahun 2020 lalu. Namun karena pandemi Covid-19, maka mundur setahun.

“Sebelumnya dipakai sebagai kantor Satgas PU Bina Marga, lalu beralih tempat penyimpanan peralatan siaga bencana oleh BPB Linmas. Lalu dialihfungsikan menjadi tempat fasilitas ekonomi,” kata Iman, Sabtu (19/6/2021).

Menurut Iman, revitalisasi itu hanya untuk mempercantik bangunan tanpa mengubah bentuk aslinya, karena bangunan tersebut merupakan cagar budaya. “Yang dilakukan oleh (DPRKP-CKTR) adalah pembenahan lantai, perbaikan dinding, landscape, hingga kebocoran di berbagai titik lokasi. Kita buatkan toilet di dekat area tetapi tidak mengubah keaslian ,” urainya.

Bunker dengan luasan 120 meter persegi itu bakal dikelola oleh Dinas Perdagangan (Disperindag) Kota . Namun pihak disperindag menunggu penetapan status penggunaan.

Setelah itu, disperindag yang mengelola terkait pelatihan apa saja yang ada di sana. Termasuk kegiatan-kegiatan di lokasi itu. Untuk waktu pemanfaatannya, Iman menunggu arahan lebih lanjut dari Wali Kota Eri Cahyadi. (dra/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO