Kamis, 29 Juli 2021 05:09

Jadi Penghasil Cupang Istimewa di Indonesia, Kediri Siap Sambut Kontes Berhadiah Mobil

Minggu, 20 Juni 2021 12:31 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Jadi Penghasil Cupang Istimewa di Indonesia, Kediri Siap Sambut Kontes Berhadiah Mobil
Yusuf Saputro, Ketua KBC. (foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE)

 KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Para pecinta dan pembudi daya ikan cupang di Kabupaten Kediri siap menyambut kontes ikan cupang berhadiah mobil yang akan digelar oleh Kediri Betta Club (KBC) bersama Dinas Perikanan Kabupaten Kediri pada 25-27 Juni 2021, di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri.

Ketua KBC Yusuf Saputro mengatakan, kontes ikan cupang yang akan digelar KBC, sistem penilaiannya menggunakan Internasional Betta Contest (IBC). Artinya, penjurian dilakukan dengan sistem internasional dan diakui di seluruh dunia.

"Ikan yang menang pada kontes yang diadakan KBC berarti merupakan ikan dengan kualitas yang bagus dan diakui dunia internasional," ucap Yusuf, Minggu (20/6/2021).

Namun karena digelar saat situasi pandemi, sistem pelaksanaan kontes dilakukan sedikit berbeda dari yang sebelumnya. Pendaftaran peserta dilakukan secara online, sedangkan ikan yang dilombakan akan dilakukan dengan sistem handling. Ada 33 handler yang tersebar di 33 kota besar di Indonesia.

BACA JUGA : 

Yuk... ke Perkampungan Ikan Cupang Kediri, Abdul Mutholib Sukses Berawal dari Ikan Hias

Kontes Cupang Kediri Sukses Pecahkan 2 Rekor Muri, Tim Bajul Joget Surabaya Gondol Hadiah Mobil

Catat Rekor MURI, Kontes Cupang ke-8 Kediri Digelar Terbatas dengan Prokes Ketat

Jadi Pusat Budi Daya Ikan Cupang, Hasilkan Rp 49,6 M, Kediri Bakal Gelar Kontes Betta

"Jadi nanti yang akan datang hanya ikannya saja. Ikan ini dibawa oleh handler. Dengan demikian, maka meminimalisir adanya kerumunan peserta," jelasnya.

Adapun hal istimewa yang ada pada kontes ke-8 dengan tajuk "Rise and Shine" ini, yakni KBC tidak hanya memberikan hadiah piala seperti pada sebelumnya, namun tersedia grand prize berupa satu unit mobil.

"Kontes ke-8 ini akan ada 10 divisi yang terbagi dalam 75 kelas. Pemenang paling banyak maka berhak mendapatkan hadiah mobil. Jadi ikuti banyak kelas dengan banyak ikan, sehingga bisa mendapatkan hadiah mobil tersebut," papar Yusuf.

Yusuf menambahkan, kontes ikan hias dengan hadiah mobil belum pernah ada di Indonesia. Diharapkan dengan hadiah mewah ini bisa menarik minat pemain kontes di tanah air maupun mancanegara.

"Kegiatan ini didukung penuh oleh Mas Bup (Bupati Kediri Hanindhito Himawan). Tujuannya untuk meneguhkan Kabupaten Kediri sebagai sentra penghasil ikan cupang dengan kualitas yang bagus," pungkasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nur Hafid membenarkan jika Kabupaten Kediri merupakan salah satu daerah penghasil cupang berkualitas di Indonesia.

Menurutnya, pembudi daya ikan hias cupang kontes di sentra produksi di Kabupaten Kediri saat ini bisa menghasilkan ikan cupang 110.411.000 ekor per tahun dengan nilai ekonomis Rp 49.685.085.000.

"Sentra ikan betta atau cupang hias dan aduan di Kabupaten Kediri ada di wilayah Kecamatan Ngadiluwih, Gurah, Ngasem, Pare, Kandat, dan Kras," kata Nur Hafid.

Bahkan, lanjut Nur Hafid, para pembudi daya dan juga pelaku usaha ikan cupang di Kabupaten Kediri membentuk organisasi yang diberi nama Kediri Betta Club (KBC).

"KBC inilah yang awalnya menggagas adanya kontes cupang di Kediri dengan kelas internasional. Hingga tahun ini merupakan penyelenggaraan kontes yang ke-8," kata Nur Hafid seraya mengatakan bahwa kontes tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan nilai ekonomis dari ikan betta/cupang itu sendiri. (uji/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...