Senin, 02 Agustus 2021 21:56

Kontes Cupang Kediri Sukses Pecahkan 2 Rekor Muri, Tim Bajul Joget Surabaya Gondol Hadiah Mobil

Minggu, 27 Juni 2021 20:01 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Kontes Cupang Kediri Sukses Pecahkan 2 Rekor Muri, Tim Bajul Joget Surabaya Gondol Hadiah Mobil
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (kiri) saat menerima piagam pemecahan rekor Muri dari Customer Relation Manager MURI, Andre Purwandono. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kontes ikan cupang yang diadakan Kediri Betta Club, sukses digelar di Convention Hall Simpang Lima Gumul. Kontes ini digelar selama 3 hari yakni 25 - 27 Juni 2021.

Kontes digelar secara terbatas dan tertutup serta dengan pelaksanaan protokol kesehatan ketat. Tidak seperti pelaksanaan sebelumnya yang pesertanya bisa masuk ke dalam arena kontes, untuk saat ini, hanya panitia dan handler saja yang boleh berada di dalam arena.

Kegiatan ini diikuti sekitar 2.000 lebih ikan dari sejumlah wilayah di Indonesia, serta beberapa negara tetangga di antaranya, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan juga Thailand.

Kontes Betta dengan tajuk 8th Betta Contest Rise and Shine berhasil memecahkan dua rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) yakni kontes dengan jumlah peserta terbanyak dan kontes dengan total hadiah terbesar.

BACA JUGA : 

Sukses Bangun JIS, Gubernur Anies: Sepakbola juga Alat Perjuangan Menyampaikan Nasionalisme

Pastikan Bantuan Sampai di Tangan, Bupati Kediri Datangi Rumah Warga Isoman Pakai Vespa

Tinjau Tempat Isolasi Terpadu di Gedung SKB Kediri, Mas Dhito Akan Siapkan 2 Rumah Sakit Darurat

Baliho Puan Maharani Mulai Tampak di Kediri

Customer Relation Manager Muri, Andre Purwandono mengatakan, kontes cupang di Kabupaten Kediri ini tercatat diikuti oleh 2.457 ikan cupang. Jumlah ini mengalahkan kontes yang sama di Padang, Sumatra Barat pada tahun 2017 lalu.

"Total peserta ini setelah kami lakukan verifikasi secara manual. Jadi data yang ada dari panitia, kita hitung ulang dan hasilnya terdapat 2.457 peserta. Kalau rekor sebelumnya untuk kontes cupang di Padang dengan peserta sebanyak 1.440," jelasnya, Minggu (27/6/2021).

Andre menyebut juga, satu rekor lagi yang berhasil dipecahkan adalah kontes dengan total hadiah terbesar di Indonesia. "Total hadiah kontes ini sejumlah Rp 196 juta. Nilai hadiah yang sangat fantastis. Hadiah termewah ini," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh KBC Kediri ini. Ia berharap perkembangan ikan hias di Kabupaten Kediri akan terus meningkat.

"Sekarang yang kita upayakan adalah para petani cupang di Kabupaten Kediri ini, bisa memiliki brand ikan cupang sendiri. Genetiknya ini bisa dari wild betta nanti kita crossing agar bisa menghasilkan jenis ikan cupang dengan kualitas yang lebih bagus lagi. Pemerintah akan terus berupaya mendorong itu," tegas Mas Bup Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri.

Hanindhito menyebut, jika ikan cupang ini merupakan produk andalan dari Kabupaten Kediri selain lele dan ikan koi.

"Kediri dikenal sebagai penghasil ikan cupang terbesar di Indonesia. Dalam satu tahun ada sekitar 110 juta ikan cupang yang dihasilkan, dengan nilai ekonomis mencapai Rp 49 miliar lebih," ucapnya.

Sementara itu, grand champions mobil dimenangkan oleh Tim Bajul Joget dari Surabaya. Tim ini mengirimkan 400 ekor lebih ikan.

Perwakilan Bajul Joget, Nanda Panji mengaku sangat senang karena akhirnya bisa mendapatkan hadiah mobil.

"Kalau hadiahnya besar seperti ini, jadi lebih semangat untuk memelihara ikan yang bagus-bagus. Awalnya sih saya sudah 3 kali ikut kontes di Kediri ini, namun baru kali ini mendapatkan juara dengan hadiah sangat besar," kata Nanda.

Kontes ikan cupang itu sendiri mempertandingkan 75 kelas di dalam 10 divisi. Total ada 237 pemenang yang mendapatkan piala dari Bupati Kediri. (adv/kominfo)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Senin, 02 Agustus 2021 11:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...