Berhasil Sabet Juara, Lapas Narkotika Pamekasan Galakkan Budi Daya Ikan Cupang

Berhasil Sabet Juara, Lapas Narkotika Pamekasan Galakkan Budi Daya Ikan Cupang Sejumlah penghargaan yang berhasil diraih Lapas Narkotika Pamekasan dalam kontes ikan cupang.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Ikan cupang atau beta fish menjadi salah satu ikan hias yang sedang diminati oleh banyak orang pada saat ini. Hal itu membuat Lapas Narkotika Pamekasan tergerak untuk menggalakkan pembinaan budi daya ikan tersebut.

Berbekal keahlian salah satu warga binaan, Lapas Narkotika Pamekasan berhasil membudidayakan ikan cupang dengan berbagai jenis, di antaranya halfmoon, crown tail, double tail, dll. Tidak hanya untuk budi daya, ikan cupang hasil karya warga binaan Lapas Narkotika Pamekasan ini juga diikutsertakan dalam kontes hingga sukses menggondol juara.

Kasi Giatja Lapas Narkotika Pamekasan Andris Sugiarto sebagai penanggung jawab pembinaan budi daya ikan cupang mengaku bangga dengan apa yang telah diberikan oleh warga binaan terhadap lapas.

Ia menjelaskan, tidak mudah membudidayakan ikan cupang itu. Tantangan terbesar dalam budi daya cupang adalah, yakni ikan ini termasuk jenis hewan yang mudah stres. "Selain itu, ikan ini juga rentan terhadap penyakit dan tidak berumur panjang, yakni hanya 2-5 tahun saja," jelasnya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (22/09/2021).

Jadi, diperlukan perawatan ekstra untuk membudidayakan ikan cupang itu. Hasil dari budi daya tersebut langsung dijual secara online atau ke pengunjung yang hadir di Lapas Narkotika Pamekasan.

"Selain itu, ada beberapa jenis ikan yang diberangkatkan untuk mengikuti kontes, dan ternyata juga berhasil menjuarai kontes tersebut," kata Andris.

Simak berita selengkapnya ...