Amankan Suplai Listrik ke Bali, PLN UIT JBM Lakukan Pemeliharaan SUTT

Amankan Suplai Listrik ke Bali, PLN UIT JBM Lakukan Pemeliharaan SUTT Beberapa petugas sedang melakukan pemeliharaan SUTT yang memasok listrik ke Bali.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka mempertahankan keandalan sistem khususnya suplai ke Pulau , PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan (UIT JBM) terus berupaya agar tidak terjadi gangguan.

Beberapa pekerjaan pemeliharaan terus dilakukan untuk mengurangi potensi-potensi yang menjadi sebab terjadinya hambatan suplai ke Pulau Dewata, tersebut.

Salah satu dari pemeliharaan tersebut adalah pengecekan isolator pada jaringan transmisi 150 kV Banyuwangi - Cable Head (CH) Ketapang. Melalui Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) Probolinggo yang beranggotakan sembilan orang.

General Manage UIT JBM Suroso mengatakan, PLN berhasil melakukan penggantian isolator dalam kondisi tetap menyala atau tanpa dipadamkan sehingga pelayanan kepada pelanggan tidak terganggu.

“Jawa Timur ini merupakan salah satu suplai ke Pulau , jadi kami juga harus memastikan betul jaringan SUTT tetap andal. Isolator yang merupakan komponen penting pada salah satu jaringan harus tetap terjaga," terang Suroso.

"Kami juga terus melakukan pengamatan apabila adanya anomali pada isolator, kami langsung melakukan penggantian," imbuhnya.

Kerusakan pada isolator tersebut terjadi akibat faktor penggaraman oleh air laut yang mengakibatkan terjadinya korosi dan berpotensi menyebabkan gangguan. Penggantian isolator berlangsung selama empat hari tanpa padam dan telah menyelamatkan 150 MW.

“Pekerjaan penggantian isolator yang dilakukan oleh Tim PDKB Probolinggo di daerah Banyuwangi beberapa hari lalu tersebut berada pada Tower 29. Rekan-rekan PDKB sebelum melakukan pekerjaan pasti dilakukan survei terlebih dahulu agar saat pekerjaan dapat berjalan sesuai SOP yang ada”, lanjut Suroso.

Pelaksanaan pekerjaan perbaikan pun dilakukan secepat mungkin dengan tujuan mempertahankan keandalan sistem dan kontinuitas penyaluran tenaga , khususnya suplai ke Pulau . Letak tower ini sendiri tidak jauh dari bibir Selat , tepatnya di daerah Ketapang – Banyuwangi. (diy/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sekap WNA Ukraina, Lima Bule di Denpasar Mengaku Polisi Internasional':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO