Bappeda Probolinggo Gelar Musrenbang di Kecamatan Mayangan

Bappeda Probolinggo Gelar Musrenbang di Kecamatan Mayangan Suasana Musrenbang di Kecamatan Mayangan. foto: andisirajudin/BangsaOnline.com

PROBOLINGGO (BangsaOnline) - Demi mematangkan Usulan Rencana Pembangunan dari masing-masing Kecamatan yang ada, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) ditingkat Kecamatan.

Bertempat di pendopo Kecamatan Mayangan, Bappeda menyaring beberapa masukan dan usulan terkait rencana Pembangunan untuk tahun 2016 mendatang. Acara yang dibuka langsung Sekertaris Bappeda, Gogol Sujarwo diikuti semua elemen masyarakat mulai dari tokoh masyarakat, LPM, Delegasi dari Kelurahan dan 9 SKPD terkait.

Sekertaris Camat Mayangan, Asep Lelono mengatakan Musrenbang tidak hanya menjadi wadah bagi penyusunan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Tetapi, Musrenbang harus dipandang sebagai penyaluran resmi untuk menganalisa aspirasi masyarakat.

“Untuk itu, maka mutu proses dan mutu hasil Musrenbang akan sangat menentukan efektifitas penyaluran aspirasi kebutuhan masyarakat. Makanya, ikuti secara seksama apa yang menjadi masukan dalam Musrenbanng ini,” ujar Asep.

Sekertaris Bappeda, Gogol Soejarwo mengatakan Musrenbang yang kita gelar ini hendaknya dapat menjadi sebuah penyaluran aspirasi yang diberikan dari semua elemen mashyarakat. Karenanya, Musrenbang hendaknya dipandang sebagai wadah yang dipersiapkan untuk terwujudnya singkronisasi dan keselarasan antara berbagai masukan dan usulan.

“Usulan perencanaan pembangunan dan terbangunnya kesepakatan dari berbagai stekholder se-Kecamatan Mayangan tentang skala prioritas kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu tahun. Karenanya, semua yang dimasukkan pada acara ini, akan diteruskan untuk program kerja ditahun 2016 mendatang,” ujar Gogol.

Sementara dari Musrenbang yang diikuti sekitar 80 peserta dari berbagai kelurahan tersebut terdapat banyak masukan yang telah ditampung yakni meliputi usulan Pembangunan Fisik sebanyak 143 item kegiatan, Sosial Budaya sebannyak 500 kegiatan serta Bidang Ekonomi sebanyak 281 Kegiatan.

Nantinya, dari semua usulan yang masuk di Kecamatan Mayangan tersebut akan dipilih beberapa kegiatan yang termasuk dalam skala prioritas. Namun, skala prioritas diutamakan mengarah ke RPJMD 2014-2016.

“Karena RPJM menjabarkan visi dan misi Walikota. Muaranya, yakni untuk kesejahteraan masyarakat dan keadilan. Semua usulan yang sudah masuk ini, masih akan kita tata ulang dan di musyawarahkan untuk diambil skala prioritas menuju Pembangunan ditahun 2016 mendatang,” tegas Ketua FK LPM Mayangan, Eko Wahyono kepada BangsaOnline.com, usai acara Musrenbang, Senin (9/3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO