PPL di MIN 2 Sumenep, Mahasiswa STITA Dilatih Terampil Mendidik dan Bermasyarakat

PPL di MIN 2 Sumenep, Mahasiswa STITA Dilatih Terampil Mendidik dan Bermasyarakat Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Uysmuni (STITA) melaksanakan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sumenep. (foto: ist)

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya sembilan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Uysmuni (STITA) Sumenep melaksanakan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sumenep. Sembilan mahasiswa tersebut terdiri dari program studi PGMI (Pendidikan Guru MI) sebanyak enam orang dan program studi PBA (Pendidikan Bahasa Arab) sebanyak tiga orang.

Menurut Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Shulhan, kegiatan PPL yang dilaksanakan selama satu bulan ke depan ini dimaksudkan untuk melatih mahasiswa agar terampil mengajar, mendidik, dan bermasyarakat.

"Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kompetensi diri agar mampu mengabdi di tengah masyarakat," ujarnya pada pembukaan dan serah terima mahasiswa, Rabu (1/9/2021).

Pada kesempatan itu, ia berpesan kepada mahasiswa bimbingannya untuk memanfaatkan kesempatan ini agar mendapatkan ilmu dan keterampilan, karena hal ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa ketika terjun di masyarakat nanti.

Sementara itu, Kepala MIN 2 Sumenep Basuki Anwar menyambut baik mahasiswa STITA untuk praktik mengajar di lembaganya. "Dengan ini saya terima penyerahan mahasiswa ini untuk PPL di sini. Dan saya anggap sebagai keluarga MIN 2. Kalian di sini sebagai guru bukan calon guru," jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakamad Kurikulum Taufik meminta peserta PPL berperan sebagaimana layaknya guru MIN selama masa PPL yakni harus disiplin, berinisiatif, kreatif, dan aktif. Selain itu juga harus serius mengikuti kegiatan dan komunikatif dengan seluruh guru pamong.

"Kami siap memfasilitasi agar kalian mendapatkan pengalaman mengajar sebaik mungkin dan untuk itu kalian tidak usah sungkan berdiskusi dan konsultasi dengan kami apabila mendapatkan kesulitan," terangnya. (aln/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO