Ikuti PKKMB, Sebanyak 536 Mahasiswa Baru Unirow Tuban Diminta Cepat Adaptasi

Ikuti PKKMB, Sebanyak 536 Mahasiswa Baru Unirow Tuban Diminta Cepat Adaptasi

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 536 mahasiswa baru Universitas PGRI Ronggolawe () mengikuti pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di kampus setempat, Rabu (15/9/2021).

"Tujuan ini untuk memberi bekal bagi mahasiswa baru supaya lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi guna merancang generasi unggul, lincah, dan tangguh," ujar Wakil Rektor III Tuban Suantoko.

Di tempat yang sama, Rektor Tuban Prof. Dr. Supiana Dian Nurtjahyani menerangkan, merupakan kewajiban bagi pimpinan perguruan tinggi untuk mengenalkan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru sebelum melaksanakan dan menempuh studi di perguruan tinggi.

Selain itu, yang tidak kalah penting dalam tersebut yakni penanaman Gerakan Nasional Revolusi Mental dengan Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri, dan Indonesia Bersatu.

“Sangatlah tepat tema tahun ini mewujudkan mahasiswa yang adaptif, inovatif, kreatif, dan kolaboratif menuju Indonesia tangguh melalui 2021,” kata Prof. Dian.

Rektor perempuan yang telah membawa menjadi kampus terbaik di Karesidenan Bojonegoro ini menyampaikan kepada para mahasiswa baru, bahwa kesempatan menempuh pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tidak dimiliki semua orang. Untuk itu, dirinya meminta kepada mereka supaya memanfaatkan kesempatan emas itu secara maksimal.

“Dengan adanya ini mahasiswa bisa segera beradaptasi untuk belajar di perguruan tinggi. Karena adaptasi merupakan hal penting bagaimana mahasiswa bisa berproses untuk menyiapkan diri dalam menempuh studi ditingkat sarjana,” jelas rektor dua periode tersebut.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim juga memberikan pesan secara virtual, agar para mahasiswa dapat memanfaatkan masa kuliah guna mengenal dirinya dalam membangun jembatan untuk meraih mimpi dan berkontribusi bagi Negeri.

Ia juga mengajak mahasiswa untuk dapat berpartisipasi dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Saya percaya kemerdekaan adalah napas pemuda, napas mahasiswa para generasi penerus bangsa,” ujar Nadiem Makarim dalam sambutannya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO