Ahmad Basarah Dukung Program Tabungan Persalinan RSIA Mawar untuk Bantu Keluarga Terdampak Pandemi

Ahmad Basarah Dukung Program Tabungan Persalinan RSIA Mawar untuk Bantu Keluarga Terdampak Pandemi Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Ahmad Basarah, M.H. saat kunjungan di RSIA Mawar (Mardi Waloeja Rampal) Jl. WR. Supratman No. 1 Malang, belum lama ini.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua Dr. H. Ahmad Basarah, M.H. mengajak banyak pihak memberikan perhatian terhadap layanan kesehatan ibu dan anak di tengah kondisi pandemi, utamanya memberikan layanan kemudahan pemeriksaan dan penanganan persalinan bagi keluarga tidak mampu. Solusi yang disarankan adalah memberikan bantuan subsidi persalinan.

“Gagasan memberikan subsidi persalinan kepada keluarga tidak mampu ini patut diperjuangkan. Sebab, di tengah kondisi pandemi ini dampaknya juga dirasakan masyarakat tidak mampu yang butuh akses pelayanan kesehatan. Utamanya ibu-ibu yang akan menjalani pemeriksaan ataupun masa masa melahirkan,” ujarnya di sela-sela kunjungannya di RSIA Mawar (Mardi Waloeja Rampal) Jl. WR. Supratman No. 1 Malang, belum lama ini.

Karena itu, lanjut Basarah, pihaknya sangat antusias membantu RSIA Mawar yang menggagas program Tabungan Persalinan untuk membantu kalangan keluarga tidak mampu agar tetap mendapatkan layanan kesehatan yang layak bagi ibu dan anak. Utamanya ibu-ibu hamil mulai dari konsultasi sampai saat persalinan tiba.

“Program subsidi persalinan dengan pola menabung ini patut mendapatkan arahan dan dukungan dari pemerintah daerah, juga para wakil rakyat. Sebab benar-benar membantu masyarakat, utamanya di tengah pandemi yang butuh bantuan pertolongan, baik dari sisi edukasi maupun materi,” ujar pria ramah yang juga menjabat Ketua Wantimpus GM FKPPI.

Pola sinergi yang dapat dilakukan, kata anggota DPR RI Komisi X dari F-PDIP dapil Malang Raya ini, bersama wakil rakyat dibantu perangkat daerah setempat memberikan sosialisasi dan edukasi menyasar kalangan keluarga tidak mampu. Perlu bergotong-royong melakukan pendataan pelaporan serta turun ke lapangan, baru ditindaklanjuti dengan program bantuan tabungan persalinan.

“Masyarakat tidak mampu perlu diberi edukasi tentang layanan medis terkait persalinan, diberikan akses untuk berkonsultasi dengan tenaga medis, sampai informasi terkait pembiayaan. Dan RSIA Mawar memiliki modal untuk menjalankannya karena ditopang juga program sosial yang mereka canangkan, maka perlu bersinergi untuk mengaktualisasikannya. Program bagus ini membantu sekali. Kita selamatkan dan sehatkan generasi terbaik untuk bangsa ke depan,” pungkasnya.

Dirut RSIA Mawar dr. Raymond Ferdinand Runtu, Sp.P.K. menyambut baik arahan dan dukungan pimpinan lembaga tertinggi negara . Pihaknya mengakui kini sedang merancang program tabungan persalinan untuk membantu masyarakat kurang mampu untuk bisa mengakses layanan kesehatan ibu dan anak.

“Salah satunya menggagas program tabungan persalinan dengan bersinergi banyak pihak, utamanya perangkat di tingkat RT dan RW dibantu kelurahan, para kader posyandu, dan bidan desa agar kita mendapatkan data ibu hamil dan anak untuk daapt kita akses diberikan konsultasi dan edukasi. Sangat berterima kasih kami jika dibantu langsung banyak pihak agar masyarakat tidak mampu benar-benar mendapatkan bantuan pelayanan kesehan baik saat akan merencanakan persalinan sampai memasuki masa persalinan,” paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO