Dekopin Dorong Digitalisasi Koperasi di Masa Pandemi

Dekopin Dorong Digitalisasi Koperasi di Masa Pandemi Dr. Sri Untari Bisowarno, Ketua Umum Dekopin memberi keterangan kepada wartawan usai pembukaan Rakernas Dekopin di Hotel Surabaya Suite. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2021 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Rakernas yang berlangsung pada tanggal 6-7 Oktober 2021 tersebut, bertujuan untuk merumuskan kebijakan-kebijakan dalam pengembangan koperasi Indonesia ke depannya.

Rakernas ini dibuka langsung Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan disaksikan Ketua DPRD Jatim, Kusnadi. Hadir pula, pimpinan Komisi B Aliyadi Mustofa beserta anggota DPRD Jatim dan perwakilan dari Dekopin di 29 provinsi di Indonesia.

Ketua Umum Dekopin, Sri Untari Bisowarno, mengatakan Rakernas Dekopin 2021 bertujuan untuk menyusun kebijakan-kebijakan rencana strategis Dekopin untuk kepentingan pengembangan koperasi Indonesia hingga tahun 2024.

"Alhamdulillah dibuka oleh Ibu Gubernur dan Pak Menteri (Menkop dan UMKM) sambutan secara tapping. Ada dihadiri Komisi VI DPR RI, Ketua DPRD Provinsi Jatim, Komisi B DPRD Jatim, dan beberapa anggotanya. Ini juga ada dari 29 provinsi yang hadir dan supporting terbesar dari Provinsi Jatim dan DKI Jakarta," kata Sri Untari saat acara pembukaan Rakernas Dekopin di Surabaya, Rabu (6/10/2021) malam.

Menurut Sri Untari, Dekopin saat ini memiliki banyak pekerjaan rumah (PR). Salah satu PR yang paling utama adalah bagaimana mendorong digitalisasi dan membangun ekosistem digital di koperasi di masa pandemi Covid-19.

"Serta bagaimana meregenersi koperasi agar kemudian kita mampu menciptakan koperasi-koperasi yang adaptif sesuai dengan kepentingan zaman yang sekarang berkembang," katanya.

Simak berita selengkapnya ...