Kiai Asep: Kita Membantu Orang Lain, Jangan Pernah Pamrih

Kiai Asep: Kita Membantu Orang Lain, Jangan Pernah Pamrih Kiai Asep Saifuddin Chalim.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Pengasuh Pondok Pesantren (PP) , Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. memberikan wejangan kepada para santrinya, agar saling peduli terhadap sesama. Sebab, sebagai makhluk sosial, kita saling membutuhkan atau memerlukan satu sama lainnya.

"Hendaklah momen hidup ini untuk menjadi berarti bagi orang lain. Sekecil apa pun itu, berilah pertolongan atau bantuan dengan ikhlas kepada orang lain yang membutuhkannya, tanpa mengharap imbalan dari mereka yang kita bantu. Setiap memberikan bantuan kepada orang lain, jangan pernah pamrih. Kita perlu menanamkan sifat ikhlas dalam hal membantu orang lain. Jangan pernah berniat memberi bantuan kepada orang lain hanya semata mata untuk mengharap ridho maupun pahala dari Allah Swt," pesan , Senin (8/11/2021).

Pendiri Asep Saifuddin Chalim Foundation (ASCF) ini kemudian menceritakan pengalamannya saat memberikan program kuliah gratis kepada sejumlah warga yang ada di wilayah Gresik, Lamongan, dan sekitarnya. Menurut , dari program kuliah gratis itu, mereka yang sebelumnya tidak berdaya menjadi orang sangat berdaya. Namun, setelah menjadi orang orang sukses, mereka tidak mau datang saat diundang di berbagai momen, dengan berbagai macam alasan.

Karena itu, berpesan kepada semua santri, mahasiswa dan mahasiswinya, supaya menghargai jasa jasa maupun bantuan dari orang lain dengan selalu bersyukur kepada Allah Swt.

"Kita tidak boleh mengeluh, meskipun nasib orang yang memberi pertolongan kepada orang lain, tapi tidak bernasib baik, kita tetap harus iklas membantu. Saya sempat curhat kepada seorang kiai juga mengenai hal ini. Jawabnya, ya memang begitu, di Alqur'an sudah diterangkan, bahwa, sedikit sekali hambaku yang mau bersyukur. Jadi, kalau kita membantu orang lain itu jangan pernah berpikir mendapat balasan dari orang yang kita bantu itu. Percayalah, orang-orang yang bersyukur merupakan orang-orang yang istimewa di mata Allah SWT. Serta Allah Swt mencintai dan mengutamakan orang-orang yang bersyukur. Allah Swt tidak akan memberikan azab kepada orang yang bersyukur (Al-Anfal 26)," jelas .

Sekadar informasi, telah memberikan program kuliah gratis untuk jenjang S1, S2, dan S3 dengan sasaran dua ribu mahasiswa se-Indonesia. melalui ASCF juga memberikan bantuan senilai miliaran rupiah kepada warga terdampak Covid-19, korban bencana, dan warga kurang beruntung lainnya. (ris/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO