Pemkab Blitar Ingatkan Potensi Banjir Akibat Hutan Gundul di Blitar Selatan

Pemkab Blitar Ingatkan Potensi Banjir Akibat Hutan Gundul di Blitar Selatan Tuti Komariyati saat membuka paparan pencegahan bencana oleh BMKG.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Blitar mengingatkan masyarakat akan potensi bencana banjir yang bisa terjadi saat musim penghujan. Utamanya di wilayah Blitar Selatan. Hal ini menyangkut semakin meluasnya kondisi hutan di perbukitan wilayah Blitar Selatan yang gundul.

Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Blitar, Tuti Komariyati, mengatakan gundulnya perbukitan di wilayah selatan Blitar meningkatkan risiko bencana alam. Terutama bencana banjir ketika musim hujan tiba. Karena itu, pihaknya terus melakukan upaya untuk memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat soal kondisi hutan.

"Untuk mengantisipasi banjir, hutan tidak boleh gundul. Kita selalu menginformasikan kepada masyarakat untuk menjaga tanaman keras agar hutan tidak gundul. Masyarakat harus sadar bahwa hutan gundul itu akan berakibat banjir yang sudah kita rasakan. Seperti banjir tahunan di wilayah Kecamatan Sutojayan," ujar Tuti, Jumat (12/11/2021).

Simak berita selengkapnya ...