Cari Bibit Atlet Sekaligus Tingkatkan Imunitas Warga, Merpati Putih Buka Kolat Umum di Mal Sutos

Cari Bibit Atlet Sekaligus Tingkatkan Imunitas Warga, Merpati Putih Buka Kolat Umum di Mal Sutos Para anggota Merpati Putih Cabang Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik) saat ikut hadir memeriahkan pembukaan Kelompok Latihan Sutos. Foto: YUDI ARIANTO/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Perguruan Pencak Silat (PPS) Beladiri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih Cabang Surabaya membuka Kelompok Latihan (Kolat) baru di Surabaya Town Square (Sutos) Plaza lantai 1, di Jalan Hayam Wuruk No. 6, Kel. Sawunggaling, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Minggu (5/12/21).

Ketua PPS Betako Merpati Putih Cabang Surabaya, Ary Koesdianto, menuturkan, pembukaan Kolat Sutos bertujuan untuk semakin mendekatkan Merpati Putih kepada masyarakat umum. Menurut Ary, pembukaan ini dilakukan karena sejumlah kelompok latihan yang ada selama ini didominasi oleh kolat khusus atau perguruan tinggi saja.

"Alhamdulillah, kita sekarang membuka kelompok latihan umum yang kedua di Sutos ini. Yang pertama di Jalan Semarang yang mungkin tidak semua orang bisa mengaksesnya. Kalau di Sutos ini, tempatnya sangat strategis dan nyaman serta berada di pusat perbelanjaan, sangat mudah dijangkau oleh masyarakat umum," kata Mas Ary, sapaan lekat Ary Koesdianto.

Ia berharap, kelompok latihan yang baru dibuka itu bisa menampung masyarakat Surabaya mulai dari anak-anak hingga dewasa lebih banyak lagi yang selama ini tidak bisa tertampung di kolat kampus/perguruan tinggi. Terlebih, lanjut Ary, para mahasiswa anggota Merpati Putih yang telah lulus kuliah umumnya mereka kembali ke daerah asal masing-masing.

"Nah, kita berharap warga Surabaya khususnya, biar bisa ikut melestarikan warisan budaya bangsa Indonesia yang telah diturunkan ratusan tahun lalu oleh nenek moyang kita ini. Mereka bisa tetap eksis berlatih Merpati Putih di Surabaya, karena mereka warga Surabaya sendiri," tuturnya.

Ary berujar, dengan dibukanya Kolat Sutos akan muncul bibit-bibit atlet yang nantinya bisa mengharumkan nama Kota Surabaya baik di kancah regional, nasional, bahkan internasional. Setelah itu, PPS Betako Merpati Putih Cabang Surabaya juga berencana membuka Kolat Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya pada pekan depan, yang juga dibuka untuk umum selain mahasiswa setempat.

Keterangan foto dari kiri: Mas Haris (Ketua Kolat Sutos), Mas Tedjo (Ketua MP Cabang Sidoarjo), Mas Ary (Ketua MP Cabang Surabaya), Mas Tarno (Pengda Jatim), dan Mas Yulis (Pengcab Surabaya).

Simak berita selengkapnya ...