BPBD Kabupaten Kediri Gerak Cepat Tangani Puluhan Rumah dan Pohon yang Diterjang Puting Beliung

BPBD Kabupaten Kediri Gerak Cepat Tangani Puluhan Rumah dan Pohon yang Diterjang Puting Beliung Warga di Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, saat bergotong royong memperbaiki atap rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD , Johans Maras Ponda, memastikan bahwa pihaknya langsung turun ke lapangan untuk meninjau dampak yang menerjang Dusun Prayungan, Dewa Kuwik, Kecamatan Kunjang. Angin ribut itu merusak 21 rumah warga dan menumbangkan 20 pohon di wilayah tersebut. 

Johans memaparkan, angin kencang itu terjadi ketika hujan deras mengguyur Dusun Prayungan, Rabu (8/12) sore. Pihaknya mengapresiasi petugas gabungan dari TNI-Polri dan warga setempat yang bahu-membahu untuk membantu masyarakat terdampak.

"Untuk itu, Tim BPBD pada hari ini melakukan kunjungan ke lokasi terdampak," ujarnya, Kamis (9/12).

Selain merusakkan rumah warga, lanjut Johans, dampak angin ini juga merusakkan kandang hewan ternak milik warga. Berdasarkan hasil pemantauan, BPBD bakal melakukan rehabilitasi rumah yang terdampak dengan kategori kerusakan sedang.

"Meski telah menimbulkan kerusakan pada rumah warga, dalam peristiwa ini BPBD mencatat, tidak adanya korban jiwa," tuturnya.

Meski begitu, kata Johans, BPBD mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca. Ini dilakukan untuk mencegah kejadian serupa di kemudian hari.

"Terlebih jika pada siang hari panas atau terik, dan tiba-tiba sore hari suhu berubah menjadi rendah, maka mereka yang berada di luar rumah, perlu melihat cuaca terkini karena waktu itu berpotensi terjadi bencana angin ," paparnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO