Terkendala Libur Sekolah, Vaksinasi Anak SD di Sidoarjo Bisa Dilakukan di Puskesmas

Terkendala Libur Sekolah, Vaksinasi Anak SD di Sidoarjo Bisa Dilakukan di Puskesmas Kadinkes Sidoarjo drg. Syaf Satriawarman.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tahap pertama vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun telah dimulai dua hari lalu. Di Kabupaten , sebanyak 193 ribu anak di rentang usia tersebut menjadi target vaksinasi. Namun target waktu yang ditetapkan terkendala libur sekolah.

“Awalnya vaksinasi bagi anak usia 6 sampai 11 tahun akan digelar di masing-masing sekolah. Karena hari Senin besok mereka mulai libur, rencana tersebut berubah,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten , drg Syaf Satriawarman, Jumat (17/12/2021).

Target waktu penyelesaian vaksin harus tuntas selama dua bulan, mungkin bisa bertambah. Syaf menambahkan, pihaknya telah mendiskusikan hal tersebut dengan kepala dinas pendidikan. Hasilnya, anak-anak yang akan mengikuti vaksinasi akan dilayani di puskesmas setempat.

“Jadi selama liburan sekolah, silakan vaksin ke puskesmas. Vaksin yang kita pakai adalah Sinovac karena cukup aman bagi anak-anak. Dan risikonya kecil seperti merasakan kemeng di sekitar suntikannya. Mungkin beberapa anak akan merasakan demam,” terangnya.

Selain kendala libur, stok vaksin yang saat ini dimiliki Dinkes hanya sebayak 60 ribu dosis. “Jadi kalau target per hari kita tiga ribu, maka cukup untuk dua puluh hari ke depan. Mudah-mudahan sebelum habis, kita mendapat dropping vaksin lagi. Vaksinasi anak ini dari tenaga puskesmas dan poliklinik. Namun pihak TNI-Polri juga bisa ikut membantu,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Tirto Adi menjelaskan, vaksinasi untuk anak usia sekolah kelas satu hingga kelas lima SD kick off-nya telah digelar kemarin.

“Harapanya setelah mereka libur dan menggelar pertemuan tatap muka, semua anak telah menjalani vaksinasi. Sehingga belajar di sekolah menjadi lebih aman,” terangnya.

Senada dengan Syaf, Tirto mengatakan, anak-anak bisa menjalani vaksinasi di puskesmas. “Data dari kita. Demikian pula dengan jadwal vaksinasi. Namun logistik vaksin dari dinas kesehatan,” pungkasnya. (cat/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO