Refleksi Masa Depan

Sabtu, 25 November 2017 00:53 WIB
Sejumlah bocah riang bermain sepak bola di dekat lokasi proyek Migas Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, tepatnya di ring 1 Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Bojonegoro.

Nyaman, tak ada rasa khawatir hidup berdampingan dengan perusahaan. Dua cerobong "oncor" atau flare yang berkobar bisa menjadi penerang saat menjelang petang. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE.com Gemerlap lampu proyek Migas Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu di Desa Bonorejo, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, berpijar kuning keemasan. Lampu itu menyiratkan masa depan warga setempat seindah dan seelok binar cahaya yang dipantulkan.  foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE.com

Blok Cepu adalah wilayah kontrak minyak dan gas bumi yang meliputi wilayah Kabupaten Bojonegoro - Jawa Timur, Kabupaten Blora - Jawa Tengah, dan Kabupaten Tuban - Jawa Timur.

Salah satunya adalah proyek Banyu Urip yang dinaungi oleh Exxon Mobil Cepu Limited di Kabupaten Bojonegoro. Ladang minyak Cepu difungsikan sebagai wahana pendidikan bidang perminyakan, yaitu dengan adanya Akademi Migas di Cepu.