Dukung Kinerja Pengawasan Pilkada 2024, Bawaslu Sidoarjo Siapkan Rumah Data

Dukung Kinerja Pengawasan Pilkada 2024, Bawaslu Sidoarjo Siapkan Rumah Data Rakor Bawaslu Sidoarjo membahas Rumah Data, di Hotel Fave, Kamis (30/5/2024) sore. foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - menyiapkan untuk mendukung kinerja pengawasan dalam Pilkada 2024. ini juga bagian dari upaya mewujudkan transparansi publik.

"Saat ini, Bawaslu RI memberikan perhatian khusus terhadap masalah data terkait kinerja pengawasan. Bawaslu RI berupaya agar data-data terkait pengawasan Pilkada 2024 bisa tersentral menjadi satu dan ada rumah tersendiri," kata Ketua Agung Nugraha saat Rakor Panwascam se-Kabupaten Sidoarjo, di Hotel Fave Sidoarjo, Kamis (30/5/2024) sore.

"Hal itu akan memudahkan Bawaslu untuk melakukan mitigasi persoalan-persoalan di wilayahnya masing-masing," tambah Agung.

ini bakal didesain untuk memudahkan masyarakat melihat rekam jejak hasil pengawasan yang dilakukan Bawaslu. Misalnya data mengenai jumlah laporan hasil pengawasan yang dirinci jumlah dugaan pelanggaran terkait netralitas, dan dugaan pelanggaran lainnya.

"Infografis di dalam itulah yang nanti mungkin menjadi gambaran kira-kira dari paslon yang berkompetisi itu berapa dugaan pelanggarannya dan lain sebagainya," urai Agung.

Agung menambahkan, ini sebetulnya sudah mulai dibangun saat Pemilu Legislatif 2024 lalu, namun belum dipublikasikan. Dari data tersebut, tercatat kurang lebih 1,5 juta laporan hasil pengawasan. Sementara di Sidoarjo, ada sekitar 200.000 laporan hasil pengawasan.

"Rumah Data ini nantinya akan diupdate ke publik secara day to day," tandas Agung Nugraha.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO