Pastikan Tabung LPG 3 Kg Terisi Sesuai Standar, Pemkot Kediri Rutin Monitoring Pangkalan

Pastikan Tabung LPG 3 Kg Terisi Sesuai Standar, Pemkot Kediri Rutin Monitoring Pangkalan Petugas dari Disperdagin Kota Kediri saat mengecek tabung gas melon. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot Kediri melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) rutin menggelar monitoring volume tabung gas melon atau 3 kg. Sebagaimana yang terlaksana sejak Senin (10/6/2024) hingga Selasa (11/6/2024).

Pemantauan dilakukan pada 2 pangkalan tabung gas, yakni di PT Surya Adhi Lestari, Kelurahan Ketami; dan PT Lirboyo Insan Global, Kelurahan Blabak. Kepala Disperdagin Kota Kediri, Wahyu Kusuma Wardani, menyebut kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman pelaku usaha Barang Dalam Keadaan Terbungkus (BDKT), khususnya pelaku usaha SPBE.

“Berdasarkan surat dari Kementerian Perdagangan Direktorat Metrologi yang mana saat ini sedang mengumpulkan data pengujian elpiji 3 kg sebagai bahan evaluasi dan analisa untuk menentukan pola pembinaan atau tindak lanjut yang sesuai untuk pelaku usaha SPPBE/SPBE,” paparnya, Rabu (12/6/2024)

Menurut dia, penyiapan evaluasi dan analisa tersebut membutuhkan data hasil pengujian BDKT 3 kg yang dilakukan oleh petugas/pengawas kemetrologian yang berada kabupaten/kota. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk menjamin kenyamanan konsumen dan menegakkan tata tertib niaga.

“Monitoring ini kami lakukan rutin selain menindaklanjuti dari surat Kemendag, juga sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen utamanya dalam hal tabung gas elpiji ini,” ucapnya.

Dari hasil pemantuan tidak didapati kecurangan-kecurangan pengisian volume tabung gas. Meski demikian pihaknya akan terus melakukan monitoring secara berkala, guna memastikan semua tetap sesuai standardisasi. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pencuri Tabung Gas Elpiji di Bali Dimassa Warga':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO