Motivasi Pj Wali Kota Kediri untuk Pegawai BPBD

Motivasi Pj Wali Kota Kediri untuk Pegawai BPBD Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat menyerahkan cendera mata dan juga kambing kepada salah satu pegawai BPBD yang purnatugas, Mohammad Aspan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, memberikan motivasi dalam peningkatan kapasitas dan pelepasan pegawai BPBD setempat di Taman Brantas, Rabu (12/6/2024).

Pada acara ini juga diserahkan cendera mata, dan juga kambing untuk salah satu pegawai BPBD yang purnatugas, Mohammad Aspan. Kambing yang diberikan diharapkan dapat diternak untuk kegiatan produktif usai purnatugas.

"Saya salut atas pelayanan yang telah diberikan dalam menghadapi kebencanaan, serta melakukan penanganan pascabencana dengan cepat dan tuntas. Tak terhitung berapa banyak tantangan yang telah dilalui, namun seluruh personel BPBD mampu menunjukkan kinerja terbaik dalam kondisi dan situasi apapun," kata Zanariah.

"Mengurus kebencanaan bukanlah hal yang mudah. Saat yang lain menjauh dari bencana, personel BPBD-lah yang mendekat. Terlebih, menyediakan waktu 24 jam selama 7 hari untuk siap siaga, serta rela meninggalkan keluarga sewaktu-waktu. Profesi ini sudah tidak sekedar tenaga dan pikiran, tetapi juga hati. Empati dan rasa kemanusiaan dicurahkan untuk masyarakat," paparnya menambahkan.

Menurut dia, berbagai situasi seperti banjir yang sempat melanda, pohon tumbang, dan kondisi darurat lainnya dapat ditangani dengan baik. Bahkan, Zanariah menyebut agenda flushing kemarin juga tercatat zero case di Kota Kediri. 

"Artinya, edukasi diterima baik oleh masyarakat. Meskipun masih ada beberapa yang nekat mendekat di pinggir sungai dan jembatan. Selain itu, BPBD juga telah menggalakkan dan membersamai setiap kegiatan peduli lingkungan. Seperti tanam pohon, tebar benih hingga bersih-bersih sungai," tuturnya.

"InsyaAllah pahala melimpah bagi Bapak Ibu sekalian dan karena nilai-nilai positif yang terus bertumbuh BPBD menjadi salah satu OPD yang solid. Semoga soliditas dan sinergi ini terus terjalin baik dengan siapapun baik internal maupun eksternal. Saya berharap semangatnya juga terus membara tiada tara," imbuhnya.

Ia pun menyebut Mohammad Apsan yang mengabdi pada bagian yang sangat krusial yaitu kedaruratan dan logistik di BPBD Kota Kediri selama 5 tahun.

"Purnatugas bukanlah akhir dari produktivitas. Setelah ini, bisa melanjutkan hobi yang mungkin lama terpendam karena kesibukan. Setelah purnatugas, masih bisa berkontribusi aktif di tengah masyarakat, seperti mengedukasi masyarakat perihal menjaga lingkungan dan mitigasi bencana," ucapnya.

"Menurut testimoni dari Bu Indun (Kalaksa BPBD Kota Kediri) dan rekan-rekan, Pak Aspan ini bersemangat tinggi dalam melaksanakan tugas bahkan tidak mengenal waktu sampai terkadang tidur di kantor. Saya berharap, Pak Aspan bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi teman-teman lainnya untuk melanjutkan perjuangan kemanusiaan," pungkasnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO