Ngaku Khilaf Usir Wartawan, Sekdes Kalipang Minta Maaf

Ngaku Khilaf Usir Wartawan, Sekdes Kalipang Minta Maaf Sekretaris Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Margaretha. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sekretaris Desa (Sekdes) Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Margaretha, mengaku khilaf jika membuat 2 awak media yang sedang melakukan tugas jurnalistik di balai desa setempat merasa terganggu dan diusir.

Dalam surat pernyataan bermeterai dan bertanda tangan yang diterima BANGSAONLINE.com dan HARIAN BANGSA, Selasa (6/8/2024) malam, Margaretha mengaku khilaf dan tidak ada tujuan menghalangi kinerja jurnalis.

"Dengan sepenuh hati, memohon permintaan maaf atas kekhilafan dan tidak ada tujuan menghalangi kinerja jurnalis saat peliputan terkait permasalahan air bersih di desa kami," bunyi surat yang ditulis.

Margaretha juga menyatakan bahwa atas nama pribadi dan Pemerintah Desa Kalipang, selama ini juga telah berusaha mencarikan solusi terkait kekurangan air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga.

"Kiranya berkenan diterima permohonan maaf kami dan atas kejadian ini, menjadikan hikmah bagi saya pribadi. Sebelumnya saya juga mengucapkan terimakasih, bahwa atas peran media, mampu menjadi kontrol sosial dan memberikan kami masukkan untuk menjalankan roda pemerintahan lebih baik," tulisnya menjelaskan.

Diberitakan sebelumnya, saat wartawan sedang meliput aksi warga Kalipang yang ingin menyampaikan aspirasinya di Balai Desa Kalipang, Senin (5/8/2024), Margaretha, Sekdes Kalipang, tiba-tiba mendatangi wartawan yang sedang melakukan tugas jurnalistik dan minta wartawan untuk keluar dari ruangan.

Bahkan waktu itu, Margaretha juga melarang wartawan untuk melakukan peliputan kalau tidak ada surat tugas khusus untuk meliput di Desa Kalipang.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, juga menyesalkan sikap salah satu perangkat desa Kalipang, Kecamatan Grogol yang melarang wartawan untuk melakukan peliputan di Kantor Desa Kalipang.

Ditemui usai melakukan kunjungan ke Prabrik Roti di Kecamatan Ngadiluwih, Senin (5/8/2024), orang nomor satu di Kabupaten Kediri itu minta agar pemerintahan di semua tingkatan terbuka kepada wartawan.

"Seharusnya setiap pemerintahan harus melakukan transparansi terhadap siapapun. Seperti kami (yang) ada di Pemerintah Kabupaten Kediri tidak ada hal yang kami tutup-tutupi terhadap teman-teman media," ucap Mas Dhito sapaan akrab Bupati Kediri itu. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO