Pipa Gas PGN di Bronggalan Bocor, Semburan Api Bakar Kanopi Rumah Warga

Pipa Gas PGN di Bronggalan Bocor, Semburan Api Bakar Kanopi Rumah Warga Tim petugas Damkar Mulyorejo bersama PGN saat berusaha memadamkan api. Foto: Rusmiyanto/BANGSAONLINE

SURABAYA,BANGSAONLINE.com - Kampung Brongalan Sawah Timur gang 1 geger lantaran muncul kobaran api setinggi 3 meter di halaman rumah No. 9 milik warga bernama Joko Minggu (15/9/2024) sekra pukul 10.30 WIB.

Api itu muncul dan menyembur dari bawah tanah jalanan paving depan rumah Joko.Penyebab api muncul diduga dari kebocoran pipa Perusahaan Gas Negara ().

Ketua RW setempat, Dadang mengatakan api diketahui dari cucu pemilik rumah bernama Evi. Semburan si jago merah sempat membakar kanopi halaman rumah. Sempat dipadamkan warga namun tidak berhasil.

“Pada waktu itu saya di kamar, tiba-tiba anak anak yang main game Play Stasion di halaman rumah berteriak: ada api di depan rumah. Nah dari situ saya ketakutan dan meminta bantuan warga setempat,” kata Dadang.

Warga yang panik karena upaya pemadaman api dengan alat seadanya tidak berhasil, akhirnya menghubungi pemadam kebakaran.

“Semula api setinggi 1 meter dari tanah, warga berupaya memadamkan mengunakan air dan pasir seadanya, ternyata api semakin membesar hingga 3 meter. Warga panik dan telfon pihak Damkar,” tuturnya.

(Pihak saat mengecek titik semburan gas yang bocor)

Selang 30 menit, tim Damkar dari pos Mulyorejo tiba di lokasi bersama pihak . Pemadaman dilakukan menggunakan Apar busa dan air guna menghalangi api menjalar.

“Kita menerjunkan 1 truk pemadam kebakaran. Fungsi air yang kita siramkan ke Sekitaran titik api hanya untuk pencegahan agar tidak ada rambatan api menjalar ke rumah No.9,” kata Yudi Asmari kepala Pos .

Akhirnya, kobaran api berhasil dihentikan dengan menutup keran katup saluran pipa gas yang berlokasi di pos cabang Bronggalan.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO