Mengintip Bank Sperma Sapi Milik Disnakeswan Lamongan

Mengintip Bank Sperma Sapi Milik Disnakeswan Lamongan Kabid Keswan Disnakeswan Lamongan, Imam Muhtar, dan Kasi Pembibitan Ternak Disnakeswan Lamongan, Roulan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lamongan menggunakan ruangan belakangnya sebagai bank sperma sapi. Terlihat berjajar puluhan tabung berisi sperma. Setiap tabungnya berisi 10 handling (semacam pipa yang digantungkan di batang besi).

Berdasarkan pantauan BANGSAONLINE.com, pipa tersebut berisi sperma beku yang sudah disimpan dan dikemas dalam bentuk stik. Satu stik sama dengan satu dosis untuk pembuahan seekor sapi.

"Isinya 25 juta sel setiap stik, tetapi nanti pemenangnya satu, hanya satu yang akan terbuahi," kata Kepala Disnakeswan Lamongan, Wahyudi, yang didampingi Kasi Pembibitan Ternak, Roulan, Selasa (11/1).

Menurut Roulan, sperma sapi yang disimpan merupakan kualitas pilihan dan melewati proses laboratorium. Ia menuturkan, bank sperma hanya pada tahap pengemasan dan seleksi stik yang sudah berisi sperma serta tempat penyimpanan khusus sebelum dipasarkan.

Simak berita selengkapnya ...