Gantikan Pohon yang Tumbang, EPPI Kediri Tanam Karet Kebo Merah di Sumber Kweden

Gantikan Pohon yang Tumbang, EPPI Kediri Tanam Karet Kebo Merah di Sumber Kweden Koordinator EPPI, Beny Prasetya (pegang pohon), bersama relawan saat menanam pohon karet kebo merah di area Sumber Kweden, Desa Karangrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Komunitas pecinta lingkungan Eks Pramuka Putra-Putri Indonesia (EPPI) Kediri menanam pohon di bekas tumbangya pohon besar jenis Abar di area Sumber Kweden, Desa Karangrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Senin (17/1).

Pohon yang ditanam oleh relawan EPPI yang juga tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPL) Kediri itu jenis karet kebo merah dan karet bulu.

Koordinator EPPI, Beny Prasetya, mengatakan bahwa pihaknya sengaja menanam dua jenis pohon itu karena memang sangat cocok ditanam di area sumber atau mata air. Pohon dengan jenis karet merah kebo yang memiliki nama latin Ficus Elastica merupakan spesies tumbuhan dari genus ficus sejenis dengan pohon beringin.

"Karet kebo sangat cocok ditanam di area mata air. Daunnya bisa dimanfaatkan oleh warga karena bisa membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti maag, jantung, stroke, dan bisa mengurangi rasa sakit terutama sakit gigi," ujarnya, Senin (17/1).

Simak berita selengkapnya ...