Tingkatkan Layanan, Pelindo Optimalisasi Fasilitas Pelabuhan

Tingkatkan Layanan, Pelindo Optimalisasi Fasilitas Pelabuhan Suasana di Pelabuhan Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Regional 3 terus berupaya meningkatkan pelayanan operasional, di antaranya melalui optimalisasi fasilitas pelabuhan untuk menunjang produktivitas bongkar muat. Salah satunya melalui pengerukan alur dan kolam serta penambahan panjang dermaga di area Pelabuhan Gresik.

Regional Head 3 , Ardhy Wahyu Basuki, mengatakan bahwa pembangunan fasilitas di Pelabuhan Gresik dinilai cukup penting, hal tersebut mengacu pada peran Pelabuhan Gresik sebagai salah satu penopang aktivitas logistik di area .

“Pelabuhan Gresik merupakan salah satu pelabuhan penting milik kami, lokasinya yang cukup strategis membuat pelabuhan ini sebagai penopang, sekaligus alternatif pengguna jasa kami. Tak hanya domestik, namun juga Internasional untuk melakukan bongkar muat selain di Tanjung Perak, sehingga pembangunan infrastruktur di Pelabuhan Gresik merupakan kebutuhan penting,” ujarnya, melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Rabu (16/3).

Saat ini, Regional 3 telah melakukan proses pengerukan di area dermaga V Pelabuhan Gresik dengan menunjuk (APBS) sebagai operator pengerukan. Dengan menggunakan 1 unit Grab Dagger dan 3 Unit Self – Propelled, Regional 3 menargetkan proses pengerukan hingga -6 meter LWS bisa segera terselesaikan tepat waktu, sehingga proses operasional di Pelabuhan Gresik bisa lebih optimal.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Kelas II Gresik, Suncoko, menyebut pengerukan alur dan kolam di Pelabuhan Gresik akan berdampak pada kecepatan operasional pelabuhan, sehingga mempercepat antrean kapal yang akan sandar di Pelabuhan Gresik. Ia berharap, ini bisa berpengaruh pada peningkatan perekonomian Jawa Timur, apalagi kini banyak industri yang melakukan pengiriman logistik mereka dari Pelabuhan Gresik.

“Kami mengapresiasi langkah yang melakukan penambahan dan perbaikan infrastruktur di Pelabuhan Gresik, tentunya ini akan memberikan manfaat nyata pada pelayanan logistik di Jawa Timur khususnya,” ucap Suncoko. (diy/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO