Rusak, Pemkab Sebut Akses Jalan di Wilayah Blitar Utara Sulit Diperbaiki

Rusak, Pemkab Sebut Akses Jalan di Wilayah Blitar Utara Sulit Diperbaiki Ruas jalan di Blitar wilayah utara banyak yang mengalami kerusakan, salah satunya di Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ruas jalan di Blitar wilayah utara banyak yang mengalami kerusakan. Kerusakan ini salah satunya terjadi di Desa Sumberasri, Kecamatan Nglegok. Badan jalan berlubang hingga mengakibatkan genangan air saat musim hujan datang.

Kepala Bidang (Kabid) Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blitar, Prasetyo mengakui pihaknya sering menerima aduan soal kondisi jalan di Blitar utara. Utamanya di wilayah yang dilintasi kendaraan pengangkut tambang galian C.

Pihaknya mengaku kesulitan untuk memperbaiki kerusakan jalan. Karena kendaraan yang melintas tak sesuai dengan kelas jalan.

"Tekanan dari kendaraan bermuatan galian C cukup besar. Ditambah lagi yang lewat lumayan banyak. Kalau kendaraan yang lewat tidak sesuai kelas jalan kita, ya jalan itu tidak bertahan lama. Bahkan jika dilapisi beton tetap akan rusak jika kendaraan yang melintas tak sesuai tonase," ujar Prasetyo, Kamis (17/3/22).

Kondisi ini diperburuk dengan keterbatasan anggaran perbaikan, yang diakibatkan adanya refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

"Sebenarnya awal 2020 lalu kita ada anggaran dari dana alokasi khusus (DAK). Namun kemudian ada refocusing karena pandemi Covid-19," imbuhnya.

Padahal, lanjut dia, pemeliharaan jalan yang mobilitas kendaraannya tinggi harus dilakukan secara rutin.

"Kalau sudah retak-retak itu satu minggu tidak diperbaiki sudah rusak. Apalagi ini kita ada refocusing sampai dua tahun. Harapan kami dana desa segera selesai jadi bisa segera proses lelang," pungkasnya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO