Komisi I DPRD Pasuruan Apresiasi Pelaksanaan Pilkades Serentak

Komisi I DPRD Pasuruan Apresiasi Pelaksanaan Pilkades Serentak Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan saat meninjau pelaksanaan pilkades serentak.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan pilkades serentak di 54 desa di 21 kecamatan Kabupaten Pasuruan mendapat apresiasi anggota dewan setempat.

Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Pasuruan, H. Arifin, menilai pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2022 sudah lumayan bagus. Hal itu berdasarkan monitoring yang dilakukannya ke beberapa desa seperti Gugunggangsir Kecamatan Beji, dan Desa Randupitu Kecamatan Gempol.

Khususnya dalam penerapan protokol kesehatan, dalam pilkades kali ini warga tidak mencoblos di satu TPS. Hal ini guna menghidari kerumunan massa. Sebab, DPMD memberikan batasan. Tiap TPS hanya bisa digunakan untuk pencoblosan maksimal 500 orang.

"Tidak ada temuan yang signifikan meski ada salah satu warga yang protes karena tidak bisa mencoblos. Setelah diberi pemahaman, bisa diterima," ujar Arifin

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Bakti Jati Permana, menjelaskan dalam pilkades tahun ini ada sebanyak 185.648 pemilih. Mereka mencoblos di 417 TPS (tempat pemungutan suara) yang tersebar di 54 desa di 21 kecamatan di Kabupaten Pasuruan.

Sedangkan untuk calon kepala desa yang bertarung ada 184 orang. Perinciannya, 174 laki-laki dan 10 perempuan. Bakti mengimbau agar semua cakades dan masyarakat bisa menyukseskan pilkades.

Khusus bagi cakades, ia mengimbau agar siap menang dan kalah. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dua Rumah Panitia Pilkades Dibondet Orang Tak Dikenal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO