​Situs Ndalem Pojok Gelar Harlah Pangeran Samber Nyowo, Sang Inspirator Bung Karno

​Situs Ndalem Pojok Gelar Harlah Pangeran Samber Nyowo, Sang Inspirator Bung Karno Pangeran Samber Nyowo dalam lukisan Raden Saleh. (Foto: Ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Organisasi Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesia Yang Dijiwai Manunggalnya Keimanan dan Kemanusiaan menggelar tasyakuran gari lahir Pangeran Samber Nyowo ke-297, Kamis (7/4/2022) malam. Acara itu dilaksanakan di Situs Ndalem Pojok Persada Sukarno Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Tasyakuran yang digelar berbagai komunitas dan tokoh lintas agama untuk mengenang kembali jasa perjuangan pahlawan nasional agar bisa diwarisi generasi milenial.

Meski bulan Ramadan, tasyakuran digelar dengan penuh kegiatan. Mulai dari khataman Alquran, zikir doa kautsaran, karawitan, terbangan, pencak silat, doa lintas agama, hingga santunan pada anak yatim serta kegiatan lainnya.

“Alhamdulillah atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa syiar peringatan, tasyakuran hari lahir pangeran Samber Nyowo berjalan hikmat dan meriah. Banyak sekali yang hadir dari berbagai komunitas dan lembaga, termasuk penulis buku Pangeran Samber Nyowo Ir. Edy Setiawan dan Garda Mangkunegaran. Selain dari Kediri, ada dari Nganjuk, Blitar, Trenggalek, Malang, Ngawi, Jombang, Sidoarjo hingga Surabaya,” ujar Suhardono, ketua panitia pelaksana dalam rilisnya yang diterima BANGSAONLINE, Jumat (8/04/2022) pagi.

Suhardono yang juga Ketua Umum Situs Persada Soekarno ini mengaku sangat bersysukur suksesnya kegiatan yang digelar untuk kali pertama ini.

“Insya Allah pertama kali ada peringatan Hari Lahir Pangeran Samber Nyowo ya baru di Situs Ndalem Pojok ini. Kalau haul banyak, tapi harlah insya Allah ini juga yang pertama,” imbuhnya.

Simak berita selengkapnya ...