Peringati Hari Bumi, POTAS bersama Komunitas Nol Sampah Bagikan Takjil

Peringati Hari Bumi, POTAS bersama Komunitas Nol Sampah Bagikan Takjil Pokja Wartawan Taman Surya Surabaya (POTAS) melakukan sosialisasi Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, Jumat (22/4/2022) sore.

SURABAYA, BANGSAONLIE.com - Pokja Wartawan Surabaya () melakukan sosialisasi pengurangan penggunaan dalam rangka memperingati Hari Bumi (Earth Day), di depan , Balai Kota Surabaya, Jumat (22/4).

Sosialisasi tersebut, dikemas dengan cara membagikan 300 paket takjil gratis dengan menggunakan kantong ramah lingkungan.

Ketua Pokja Wartawan Surabaya, Robby Julianto, menuturkan bahwa kegiatan yang dilakukan ini merupakan bentuk kerja sama antara dengan Komunitas Nol Sampah. Serta dukungan dari Pemerintah Kota Surabaya dan Ecoton.

"Kita berbagi takjil 300-an paket, tas kain dan isinya itu adalah diet untuk tidak memakai tas kresek di Surabaya. Kegiatan ini dilakukan bertepatan juga dengan Peringatan Hari Bumi," katanya.

Selain memperingati Hari Bumi, lanjut Robby, Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan kepada Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 16 tahun 2022 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik di Kota Surabaya yang telah diterbitkan pada 9 Maret 2022.

"Nah, ini di Surabaya sendiri sudah mulai diterapkan Perwali tentang pembatasan tas kresek," lanjutnya.

Di lokasi yang sama, Koordinator Komunitas Nol Sampah, Wawan Some, menilai kegiatan yang diprakarsai tersebut sangat menarik. Sebab, dalam kegiatan ini juga bertepatan dengan Peringatan Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada 22 April 2022.

"Jadi ini kegiatan yang menarik bertepatan dengan hari bumi. Sepele sebenarnya kalau kresek itu, padahal kalau bikin satu ton kresek itu butuh 12 barel minyak. Terus ketika dia sudah jadi kresek, itu pemakaian kita paling 5 menit, habis itu kita buang. Kalau sudah dibuang butuh 100 tahun untuk bisa terurai," ungkap wawan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO