Datangi KWG, Prof Zainuddin Maliki Siap Kolaborasi untuk Majukan Pendidikan di Gresik

Datangi KWG, Prof Zainuddin Maliki Siap Kolaborasi untuk Majukan Pendidikan di Gresik Ketua KWG, M Syuhud Almanfaluty, dan anggota bersama Prof Zainuddin Maliki. Foto: ROHMAN/BANGSAONLINE.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Komunitas Wartawan Gresik (KWG) kedatangan tamu, yakni anggota DPR RI, Prof Zainuddin Maliki, Senin (25/4/2022). Anggota Fraksi PAN DPR RI ini siap berkolaborasi dengan KWG untuk memajukan bidang pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata di Kabupaten Gresik.

"Siap. Kami siap berkolaborasi dengan teman-teman KWG," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Prof Zainudin berdialog dengan Ketua KWG, M Syuhud Almanfaluty, beserta sejumlah pengurus dan anggota di Sekretariat KWG, Jalan Basuki Rahmat 08, Gresik. Ia mengungkapkan bahwa hingga kini, problem di dunia pendidikan sangat kompleks. 

Dengan demikian, dibutuhkan komitmen bersama, semua komponen bangsa, termasuk insan wartawan untuk memajukan pendidikan.

"Misalnya, sekarang ada program merdeka belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim. Menurut saya gak dipahami secara baik oleh Menteri Pendidikan kita. Merdeka belajar, tujuan atau proses?," tuturnya.

Ia juga mengkritik soal kebijakan rencana pengangkatan tenaga honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang hingga sekarang tidak sesuai target. Zainuddin menambahkan, awalnya pemerintah akan mengangkat satu juta guru menjadi PPPK, tapi faktanya belum sampai separuh dari target.

"Faktanya sampau saat ini belum ada 500 ribu. Dan rata-rata yang lulus pasing grade. Yang ngabdi puluhan tahun gak lulus karena kurang kuasai teknologi. Harusnya jalur afismasi ini juga dimaksimalkan," ungkapnya.

Mantan Rektor Universitas Muhamadiyah (UM) Surabaya ini juga mengupayakan beasiswa anak-anak maupun keluarga wartawan yang berada di Kota Pudak. Baik jenjang sekolah dasar, menengah, atas hingga perguruan tinggi.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Jembatan Gantung di Desa Putren Nganjuk Dibangun Tahun ini':