​Aktivis IPPNU, Usia 18 Tahun Nyai Lily Wahid Diusulkan Subchan ZE Jadi DPR

​Aktivis IPPNU, Usia 18 Tahun Nyai Lily Wahid Diusulkan Subchan ZE Jadi DPR Nyai Hj Lily Chodijah Wahid. Foto: sindonews.com

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Sejak remaja Nyai Hj Lily Chodijah Wahid sudah aktif di organisasi. Yaitu pada Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Putri kelima KH A Wahid Hasyim itu tak sekedar aktif tapi sangat menonjol dan berprestasi. Bahkan Nyai Lily Wahid inilah yang memindah IPPNU dari Yogyakarta ke Jakarta.

Saat itu Nyai Lily Wahid duduk sebagai ketua I IPPNU. Selain jadi pengurus IPNNU, Nyai Lily Chodijah Wahid juga aktif di KAPPI. Yaitu Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia.

Tak aneh jika tokoh NU nasional sekaliber HM Subchan SE kemudian tertarik untuk mengusulkan Lily Wahid jadi anggota DPR RI. Mewakili IPPNU. Padahal saat itu Nyai Lily Wahid masih berusia 18 tahun.

Namun ibunya, Nyai Solichah (istri Kiai Wahid Hasyim), tak setuju. “Masak keluarga kita masuk semua. Apa kata orang nanti,” kata Nyai Solichah menolak usul HM Subchan.

Sang Ibu, Nyai Solichah, wajar menolak. Karena lima orang keluarganya – termasuk Nyai Solichah – saat itu telah mennjadi anggota DPR. Berarti Nyai Lily Chodijah akan menjadi orang keenam yang jadi anggota DPR dalam keluarganya.

Seandainya ibundanya tidak menolak, niscaya Nyai Lily Wahid menjadi anggota DPR RI termuda.

(HM Subchan SE. Foto: NU Online Jabar)

Nyai Lily Chodijah saat itu mengaku kecewa. Bahkan jengkel. Tapi belakangan ia baru menyadari bahwa Allah SWT telah menyelamatkannya. “Ya, kalau saya tidak gagal saat itu, saya akan menjadi bagian dari Orde Baru dan saya tentu akan mengikuti pola pikir mereka,” kata Nya Lily Wahid dalam buku “Sama Tapi Berbeda, Potret Keluarga Besar KH A Wahid Hasyim” yang ditulis Ali Yahya tahun 2007.

Nyai Lily Wahid memang sangat keras terhadap Orde Baru. Suatu saat masjid di Ciganjur mendapat sumbangan dari Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila. Yayasan ini banyak membangun masjid. Lily Wahid bersikeras tak setuju sampai sang ibu menegurnya. 

Simak berita selengkapnya ...