Gelar Kirab Kebhinnekaan, Cara Pemkot Kediri Tumbuhkan Jiwa Pancasilais Masyarakat

Gelar Kirab Kebhinnekaan, Cara Pemkot Kediri Tumbuhkan Jiwa Pancasilais Masyarakat Kesenian Barongsai turut memeriahkan Kirab Kebhinnekaan Kelurahan Ngampel. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri menjadikan momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni sebagai ajang untuk menumbuhkan jiwa Pancasilais. Yakni dengan menggelar di , Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Rabu (1/6/2022).

Implementasi kebhinnekaan kental terlihat dari adanya kesenian barongsai yang turut ditampilkan dalam kirab tersebut.

Menurut Lurah Ngampel, Subagya, kirab kebhinekaan ini merupakan refleksi dan pengingat di hari lahir Pancasila, bahwa keberagaman bisa menjadi pemersatu bangsa jika dapat dijunjung bersama. “Kemajemukan masyarakat kita adalah aset bangsa yang sangat berharga,” ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan seperti ini kesadaran masyarakat akan sakralnya yang tertera di Pancasila dapat meningkat. Sehingga, masyarakat dapat betul-betul menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Adapun dimulai dari depan sekira pukul 13.00 WIB. Sambil menampilkan kreasinya, rombongan melalui jalan-jalan di wilayah hingga berakhir pukul 16.00 WIB.

Usai , pada malam harinya acara Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022 ini berlanjut dengan dialog kebangsaan FKUB bertempat di Aula . Kemudian ada orasi kebangsaan dan ditutup penandatanganan komitmen menuju Kampung Bhinneka Tungga Ika.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO