Bantu Warga Tak Mampu, LPBH NU Sidoarjo Dorong Dibentuk Perda Bantuan Hukum

Bantu Warga Tak Mampu, LPBH NU Sidoarjo Dorong Dibentuk Perda Bantuan Hukum PAPARAN: Ketua LPBH NU Sidoarjo Sudiro Husodo memberikan paparan saat Rapat Kerja I, Minggu (12/6/2022). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Warga tidak mampu yang tengah mencari keadilan mendapatkan perhatian dari Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama () .

Salah satu lembaga di bawah naungan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) ini bakal menginisiasi adanya Peraturan Daerah (Perda) Bantuan Hukum yang diberikan cuma-cuma atau gratis bagi warga tidak mampu di Kota Delta.

Ketua PC Sidoarjo Sudiro Husodo mengatakan, sesuai amanat UU Nomor 16 Tahun 2011 tentang bantuan hukum cuma-cuma bagi warga miskin, penyelenggaraan hukum ini tidak boleh memungut (biaya) sepeser pun.

Ia menyebut perda tersebut sudah ada di tingkat dan sejumlah kabupaten di Jawa Timur, di antaranya Banyuwangi, Malang, Jombang. Namun saat ini, Sudiro menyebut belum memiliki perda tersebut.

"Untuk membantu warga tidak mampu yang sedang mencari keadilan, maka Sidoarjo akan menginisiasi adanya Perda Bantuan Hukum Gratis tersebut," cetus Sudiro Husodo usai Pelantikan dan Rapat Kerja I Pengurus Cabang Sidoarjo periode 2021-2026, di Aula Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (), Minggu (12/6/2022).

Kata Sudiro, selain menginisiasi agar dibentuknya Perda Bantuan Hukum untuk membantu warga tidak mampu memiliki akses mendapatkan keadilan dan memberikan bantuan hukum, Sidoarjo bakal membentuk di tingkat kecamatan atau di tingkat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU).

Simak berita selengkapnya ...