Gubernur Khofifah Turut Selesaikan Konflik Jember dan Banyuwangi Soal Perebutan Lahan

Gubernur Khofifah Turut Selesaikan Konflik Jember dan Banyuwangi Soal Perebutan Lahan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut hadir dalam penyelesaian konflik yang melibatkan dua kabupaten di wilayahnya, yaitu Jember dan Banyuwangi.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - turut hadir dalam penyelesaian konflik yang melibatkan dua kabupaten di wilayahnya, yaitu dan .

Pagi tadi, Senin (8/8/2022), Gubernur Khofifah melakukan rapat koordinasi dengan masing-masing pimpinan kedua wilayah dan , termasuk dengan Forkopimda bertempat di Pendopo Kabupaten .

Dalam rapat koordinasi antara dua kabupaten tersebut, Khofifah memberikan beberapa catatan untuk penyelesaian masalah. Sedikitnya, terdapat hal yang perlu digarisbawahi untuk persoalan yang terjadi antara warga Mulyorejo, dan Banyuanyar, . Ia menegaskan bahwa setelah mendapatkan keterangan dari beberapa pihak terkait yang hadir, konflik ini bersumber dari perebutan lahan.

"Akar masalahnya antara lain adalah soal kepemilikan kebun kopi," ujar Khofifah.

Ia kemudian menekankan agar pihak Perhutani setempat, memastikan area tersebut. Apabila memungkinkan, akar persoalan ini dapat diselesaikan dengan cara saling bekerjasama untuk menggarap kebun tersebut. Ia menyebutkan agar lahan tersebut dapat dikelola bersama dalam bentuk Perhutanan Sosial.

"Cari peta, apakah peta lahan itu masuk pada kategori perhutanan sosial. Kalau bisa masuk pada kategori perhutanan sosial maka kepemilikan atas lahan yang sekarang menjadi kebun kopi itu bisa segera di diskusikan. Pak Imam Suyuti Kepala Perhutani , ini menjadi penting. Setelah ini di cek dicari peta, supaya bisa lebih clear, karena akar masalahnya adalah persoalan kebun kopi yang ada di wilayah Mulyorejo." terangnya, sembari memberi arahan pada Administrator Umum Perhutani yang juga hadir pada rapat tersebut.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':