Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Tanggapi Konflik di Perbatasan Jember-Banyuwangi

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim Tanggapi Konflik di Perbatasan Jember-Banyuwangi Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim, Muhammad Fawait. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Fraksi DPRD Jatim, Muhammad Fawait, angkat bicara terkait konflik horizontal yang terjadi antara warga Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, dengan warga Desa Banyuanyar, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. Politikus muda yang akrab disapa Gus Fawait itu sudah memprediksi potensi konflik di sana.

Menurut dia, konflik sudah berlangsung lama. Mereka menggantungkan hidupnya dari lahan yang ditanami kopi, dan persaingan di antara kedua desa kian meruncing sehingga menyebabkan kericuhan.

"Masalah ini muaranya dari persoalan kemiskinan yang mayoritas terjadi di pinggir perkebunan dan hutan yang dikelola BUMN. Ini masalah perut yang tak bisa ditunda," ujarnya, Selasa (9/8/2022).

Presiden Laskar Sholawat Nusantara (LSN) ini mengingatkan, permasalahan yang terjadi di perbatasan Jember-Banyuwangi atau daerah lainnya bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah setempat atau Pemprov Jatim. Pasalnya, objek yang menjadi sengketa adalah lahan yang milik BUMN, baik Perhutani maupun PTPN.

Simak berita selengkapnya ...