Perdana! Bupati Kediri Lakukan Inovasi Pembenihan Nanas PK-1

Perdana! Bupati Kediri Lakukan Inovasi Pembenihan Nanas PK-1 Tempat pembibitan dan pengembangan nanas PK-1 di Kecamatan Ngancar. Foto: Ist/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati , , berkomitmen mengembangkan nanas unggulan mulai dari pembenihan sampai pengembangan kawasan karena banyak publik yang tertarik dengan manisnya nanas Pasir Kelud (PK-1).

Dhito, sapaan akrab Bupati , mengatakan dari sekian jenis nanas yang dibudidayakan, merupakan varietas unggulan yang memiliki ciri mata buah lebar dan tidak ke dalam. Sehingga mudah untuk dikonsumsi dan rasanya dipasikan manis.

"Kita akan kembangkan mulai dari pembenihan sampai pengembangan kawasan budi daya nanas pasir kelud ini (PK-1)," katanya, Rabu (10/8/2022).

Berbeda dari nanas jenis lainnya, pengembangan banyak terkendala dalam pembenihan. Sebab, nanas ini jarang muncul tunas baru di sekitar batang seperti pada nanas lainnya. Oleh karena itu, dalam pembenihan dilakukan untuk mencukupi kebutuhan benih.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten , Anang Widodo, menyampaikan inovasi pembenihan yang dilakukan melalui stek batang belum ada di tempat lain dan di Indonesia baru ada di Kabupaten . Selain itu, dilakukan pula pengembangan dengan kultur jaringan.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pengguna Jalan di Pasar Pahing Kediri Tersengat Listrik':