Lahirkan Karya Buku Kedua, Perempuan Penulis Padma Gelar Malam Sastra di Sidoarjo

Lahirkan Karya Buku Kedua, Perempuan Penulis Padma Gelar Malam Sastra di Sidoarjo Salah satu penulis buku Rumah Berdinding Kisah, Triana Damayanti, saat menunjukkan bukunya ketika Malam Sastra Perlima, Sabtu (13/8/2022). Foto: Mustain/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Perempuan Penulis Padma (Perlima) menggelar 'Malam Sastra Perlima' dengan menyajikan pesta pembacaan puisi dan bedah buku berjudul 'Rumah Berdinding Kisah' di Rumah Budaya Malik Ibrahim, Pucang Anom, , Sabtu (13/8/2022). Kegiatan ini merupakan acara yang digelar Perlima karena telah menerbitkan buku keduanya

Pendiri Perlima, Wina Bojonegoro, mengatakan bahwa agenda tersebut adalah yang pertama kali digelar. Namun tidak sekedar bedah buku, acara dikemas sebagai ajang silaturahmi dengan mengundang sejumlah seniman, penulis, dan penyair dari Kota Delta serta Kota Pahlawan.

"Ini adalah bedah buku yang pertama. Bedah buku doang kan nggak seru. Kita selama ini kan daring. Ayolah luring sekali-sekali. Kita luring ini mengundang komunitas lain. Ada FLP dan lain-lain. Ayo baca puisi, ayo berkreasi. Supaya jejak pandemi ini segera tertutup dengan kegiatan-kegiatan positif," paparnya.

Ia menuturkan, Perlima sudah melahirkan dua buku. Buku pertama dengan bimbingan penulis Afrizal Malna, berjudul Covad Covid, Bungkusan Boyband. dan Menunggu Kabar Baik. Lalu, kata Wina, buku kedua berjudul Rumah Berdinding Kisah merupakan tantangan untuk anggota yang belajar menulis lewat media sosial, lalu dipilih, dan akhirnya menjadi sebuah buku.

"Buku ini berisi kisah nyata para penulisnya, 23 orang, tentang perubahan rumah mereka, baik rumah masa lalu, masa yang sekarang maupun rumah impian," ujarnya.

Wina lalu bercerita sekilas terbentuknya Perlima, yakni lahir dari kelas menulis cerpen dimana dirinya sebagai kepala sekolah, yakni Akademi Menulis Padmedia.

"Lahirlah murid-murid, akhirnya kita rangkul jadi komunitas Perlima yang sudah berbadan hukum. Berdiri 30 Maret 2021. Sekarang anggotanya 99 penulis perempuan," ungkapnya seraya menyebut anggota Perlima menyebar di seluruh Indonesia dan beberapa di luar negeri.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO