Program PKMM CBA, LPBI NU Gelar Gladi Ruang di Sidoarjo

Program PKMM CBA, LPBI NU Gelar Gladi Ruang di Sidoarjo Pemateri saat menyampaikan paparannya dalam acara Gladi Ruang di Balai Desa Plumbungan, Sukodono, Sidoarjo. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) menggelar Gladi Ruang atau Table Top Exercise (TTK) di Balai Desa Plumbungan, Kecamatan Sukodono, , Minggu (14/8/2022) malam.

Kegiatan ini merupakan teknik latihan dalam bentuk diskusi untuk memberikan pemahaman, penyempurnaan, dalam program Ketangguhan Masyarakat Menghadapi Covid-19 dan Bencana Alam (PKMM CBA).

Tim Program PKMM-CBA LPBI NU Pusat, Ubaidillah Sadewa, mengatakan melalui gladi ruang ini diharapkan para aktor di Desa Plumbungan bisa menyiapkan diri dan meningkatkan kapasitas apabila nanti terjadi bencana alam.

"Jadi ketika nanti misalkan terjadi banjir, puting beliung dan bencana alam lainnya, warga ini bisa menyiapkan dirinya sesuai dengan peran masing-masing. Sehingga tidak sampai terjadi kepanikan, karena mereka sudah paham SOP penanganan bencana," ujarnya,

Di Kabupaten , ada dua desa yang mendapat program PKMM CBA, yaitu Desa Plumbungan Kecamatan Sukodono dan Desa Sidodadi Kecamatan Taman. Program ini merupakan hasil kerjasama dengan Pemerintah Australia.

Ia menambahkan, program ini merupakan tahun kedua setelah sebelumnya fokus pada penanganan Covid-19. Dalam menangani bencana, kata Ubaidillah, memang tidak bisa dilakukan seorang diri dan butuh koordinasi serta kerja sama yang baik, khususnya dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':