LP2M Unej Gelar Expo KKN Periode II 2022

LP2M Unej Gelar Expo KKN Periode II 2022 Salah satu stan mahasiswa KKN dari Klakah, Lumajang.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas (Unej) menggelar Expo KKN Periode II 2022. Pameran tersebut menghadirkan warna-warni hasil program KKN yang telah dilakukan mahasiswa Unej.

Ketua LP2M Unej, Yuli Witono, mengatakan bahwa peserta dalam kegiatan tersebut merupakan mahasiswa yang telah menjalani KKN dari 20 Juli-23 Agustus 2022. Mereka mendampingi warga di 229 desa pada 4 kabupaten yakni Bondowoso, Lumajang, Situbondo dan Pasuruan. 

"Kegiatan Expo KKN Periode II tahun 2022 ini digelar dalam rangka memastikan program KKN kita sudah berjalan dengan baik. Salah satu caranya dengan memamerkan hasil inovasi dan program yang sudah mereka kerjakan di desa," ujarnya, Senin (28/8/2022).

Inovasi yang dimaksud Yuli itu berkaitan erat dengan tema besar KKN yakni, Unej Membangun Desa (UMD), dengan sub tema penanganan stunting, pembenahan sanitasi, pengembangan wirausaha dan wisata, membentuk desa tangguh bencana, menyosialisasikan literasi desa, serta pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk kemajuan desa.

"Inovasi ini berbasis pada potensi desa dan bisa berupa solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat desa. Inovasi bisa bersifat kebaharuan atau pengembangan dan penyempurnaan dari yang sudah ada. Hasil-hasil inovasi dan program yang dihasilkan mahasiswa menjadi bahan evaluasi dalam penyelenggaraan KKN selanjutnya," paparnya.

Sebagai cuplikan dari ekspo yang telah terselenggara, salah satu mahasiswa yang telah mengikuti KKN Periode II tahun 2022, Eni Hoirun, memamerkan hasil inovasinya dari Klakah, Lumajang.

"Kami membantu anggota KPJT (Kelompok Petani Jamur Tiram) MANUT dengan membenahi manajemen keuangan kelompok dan mendampingi anggota kelompok yang kebetulan mendapatkan bantuan dana dari pemerintah dalam memulai usaha," kata Eni.

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO