Rencana Nikah Saya Batal Karena Hitungan Weton Orang Tua

Rencana Nikah Saya Batal Karena Hitungan Weton Orang Tua Dr. KH Imam Ghazali Said

>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<

Pertanyaan:

Assalamualaikum Wr. Wb. Kiai Said yang saya hormati, mohon pencerahannya atas problem yang saya alami. Saya dan pacar saya sudah saling mencintai dan rencana nikah pun sudah pasti. Namun tiba-tiba orang tua saya tidak setuju dengan alasan " rel="tag">hitungan tidak cocok. Jika pernikahan diteruskan, salah satu pasti akan ada yang mati.

Saya dan pacar saya sangat terpukul mendengar putusan orang tua. Calon istri sangat depresi.

Apakah saya harus percaya dengan seperti itu? Kalau saya tetap menikah saya kuatir disebut anak tak berbakti. Terima kasih jawabannya.

(Firman - Surabaya)

Jawaban:

Inti dari permasalahan yang Mas Firman hadapi adalah masih adanya sebuah kepercayaan terhadap pengaruh atau hitungan jawa terhadap baik buruknya kehidupan Bapak di masa yang akan datang. Hal demikian itu termasuk bagian dari bentuk syirik kecil, yang mempercayai baik buruknya seseorang atau kehidupan ini didasarkan bukan kepada Allah. Padahal, hanya Allah lah yang mengetahui segala bentuk kebaikan dan keburukan di masa yang akan datang.

Sesuatu yang hubungannya dengan masa depan adalah ghaib dan hal yang ghaib hanya Allah jua yang mengetahui. Hal ini sesuai dengan firman Allah swt yang berbunyi:

“Katakanlah: "Tidak ada seorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah". (Qs. An-Naml:65).

Simak berita selengkapnya ...