Begini Pesan Bupati Gresik saat Luncurkan UHC

Begini Pesan Bupati Gresik saat Luncurkan UHC Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, bersama wakilnya, Aminatun Habibah, saat launching UHC. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati , Fandi Akhmad Yani, meluncurkan program Universal Health Coverage (UHC), atau sistem penjaminan kesehatan secara menyeluruh, Selasa (4/10/2022). Di Kota Pudak, cakupan UHC sebanyak 1.266.334 jiwa, sehingga bisa menjangkau 98,56 persen dari jumlah penduduk saat ini.

"Tercapainya UHC merupakan perwujudan program Nawa Karsa, yakni Sehati. UHC bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat dengan mudah dan cepat," kata (sapaan akrab Bupati ).

"Kendala itu pasti ada, pasti muncul. Tapi, kita harus yakin dan optimis, apa yang menjadi persoalan itu kita urai bersama-sama. Kita tahu, saat ini masih mencakup 98,56 persen masih ada 1,4 persen masyarakat yang belum ter-cover. Nanti kita selesaikan pelan-pelan. Yang penting, kita mulai pelayanan kesehatan dengan mudah di tahun ini," paparnya menambahkan.

Bupati menegaskan, UHC pada prinsipnya adalah membantu orang yang belum terdaftar dalam BPJS. Sehingga mitigasi dari pemerintah bakal dilakukan untuk mereka yang kurang beruntung ekonominya.

"Saya minta kepada seluruh kepala desa dan seluruh lurah yang hadir saat launching untuk menjadi agen pelopor. Sampaikan kepada seluruh masyarakat hingga ke pelosok, yang butuh pelayanan kesehatan bisa menggunakan e-KTP atau KK. Jangan sampai masyarakat di tidak mendapatkan pelayanan karena kurang beruntung ekonominya," pungkasnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':