Tanggul Anak Kali Lamong di Desa Cermen Jebol, ini Langkah Bupati Gresik

Tanggul Anak Kali Lamong di Desa Cermen Jebol, ini Langkah Bupati Gresik Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (topi abu-abu) turun langsung melihat kondisi tanggul Anak Kali Lamong di Desa Cermen, Kecamatan Kedamean yang jebol. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Meluapnya menyebabkan tanggul Anak di , Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, jebol, Senin (24/10/2022), kemarin.

Akibatnya, ratusan rumah warga di terendam air hingga ketinggian 1 meter.

Tanggul Anak jebol karena tak mampu menahan debit air yang semakin meningkat. Jika intensitas curah hujan makin tinggi, tidak menutup kemungkinan banjir akan semakin meluas.

, sudah meninjau tanggul Anak yang jebol, kemarin (24/10/2022). Ia didampingi Kepala Pelaksana Darmawan, Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUTR Gresik, dan Camat Kedamean Sukardi.

Usai melihat kondisi tanggul, bupati meminta kepada dinas terkait berkoordinasi dengan TNI dan Polri segera membantu evakuasi warga yang terdampak.

"Laporan yang saya terima, jebolnya tanggul ini terjadi pukul 11.00 WIB. Awalnya hanya 1,5 meter. Namun beberapa jam kemudian sudah mencapai hampir 30 meter akibat tanah penahan tanggul tergerus air," ungkapnya.

"Untuk itu, saya minta kepada dinas terkait dibantu TNI dan Polri untuk membantu proses evakuasi. Saya lihat BPBD juga sudah mendirikan tenda darurat bagi warga Cermen," imbuhnya.

Menurutnya, satu unit ekskavator telah dikerahkan untuk memperbaiki tanggul yang jebol. Selanjutnya akan dipasang bambu penahan dan karung berisi pasir sebagai langkah tanggap darurat agar air tidak semakin membanjiri rumah warga.

"Sejauh ini, tanggul masih aman. Yang jebol adalah tanggul Anak . Ini secepatnya akan kita perbaiki. Satu unit ekskavator juga sudah kita siapkan untuk langkah tanggap darurat," tutupnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO