Tema Sumpah Pemuda 2022, Bersatu Bangun Bangsa: Peran Pemuda Menurut Kepala Museum Sumpah Pemuda

Tema Sumpah Pemuda 2022, Bersatu Bangun Bangsa: Peran Pemuda Menurut Kepala Museum Sumpah Pemuda Tema Sumpah Pemuda 2022. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - 94 tahun yang lalu tepatnya tanggal 28 Oktober 1928 telah diikrarkan sebuah sumpah yang berisi 3 gagasan pokok yakni bertumpah darah satu, berbangsa satu, berbahasa satu, bangsa Indonesia. Para pemuda tersebut berkumpul di Jalan Kramat Raya dan pada saat itu pula untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya karya W.R Supratman dilantunkan.

Titik Umi Kurniawati selaku kepala Museum Sumpah Pemuda mengatakan gambaran mengenai sumpah pemuda dapat dilihat di ruang tata pamer di Museum Sumpah Pemuda. Ruang tata pamer sumpah pemuda tersebut bersifat imersif, dimana ruang tersebut memperlihat reka adegan peristiwa sumpah pemuda 28 Oktober 1928.

Kepala Museum Sumpah Pemuda mengatakan hanya ada dua museum yang memiliki dua tata ruang yang bersifat imersif yakni Museum Nasional dan Museum Sumpah Pemuda. Teknologi imersif ialah sebuah teknologi informasi yang memberikan sebuah proyeksi gambar bergerak dilengkapi dengan tata suara, sehingga pengunjung museum dapat merasakan pengalaman yang ditampilkan oleh teknlogi imersif ini.

Tepat satu tahun yang lalu sertifikat Museum Sumpah Pemuda dari UPT terbit, sebagai bentuk penghargaan kepada pendiri gedung tersebut yakni Sie Kong Lian disediakan satu ruangan yang memaparkan sosok Sie Kong Lian dan sejarah pendirian gedung sumpah pemuda tersebut.

"Anak-anak muda harus mampu melestrikan kearifan lokal dari sabang sampai merauke, bersatu padu, demi kemajuan kebudayaan Indonesia. Kalau bukan anak muda bangsa, ya siapalagi?", ujar Kepala Museum Sumpah Pemuda dalam Youtube Perlindungan Kebudayaan.

Kepala Museum Sumpah Pemuda juga memberikan quotes pada peringatan sumpah pemuda 2022 ini,

"Marilah jadi pemuda pemudi berbakat, berprestasi, lakukan hal-hal yang positif, berikan contoh yang baik sebagai generasi muda. Marilah kita berbuat yang terbaik untuk negara kita Kesatuan Republik Indonesia". (ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO