5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Ilustrasi. Foto:Pixabay

SEMARANG, BANGSAOINLINE.com - Ketika mengalami sakit, kebanyakan dari kita mungkin baru menyadari selama ini, kurang memperhatikan menjaga kesehatan tubuh kita. Padahal, menjaga kesehatan tubuh adalah hal penting dilakukan agar kita bisa melakukan aktifitas yang maksimal.

Cara menjaga kesehatan tubuh yang tepat pada dasarnya adalah memberikan tubuh apa yang ia perlukan dan menghindari dari hal-hal yang akan merusaknya.

Mejaga kesehatan tubuh, tidak harus mahal. Namun apa saja yang dapat menjaga tubuh agar tetap prima.

Atur Waktu Tidur

Dengan mengatur waktu untuk beristirahat, merupakan cara paling mudah dan sekaligus paling sering terlupakan.

Selama ini, banyak dari sebagian orang tidurnya kurang dari 8 jam. Namun pada prakteknya, mereka kurang memperhatikan hal itu. Oleh sebab itu, tidurlah dalam waktu 8 jam sehingga kondisi tubuh mendapatkan yang maksimal.

Selain itu, kurangi begadang dan mengganti tidur di siang hari itu, juga akan, akan merusak siklus tubuh anda. Akibatnya, seseorang akan lebih beresiko terserang hipertensi, stroke, sakit jantung, obesitas dan diabetes.

Oleh karena itu, mulailah tidur lebih awal. Maksimal lakukan tidur di jam 10 malam dan biasakan bangun di pagi hari sebelum matahari terbit.

Kurangi asupan gula

Gula merupakan salah satu sumber penyakit yang tidak pernah disadari oleh manusia. Jika mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat memicu berbagai penyakit mulai dari obesitas, diabetes, gangguan fungsi ginjal, hati, hingga kesehatan mental.

Kementerian Kesehatan RI menganjurkan agar membatasi konsumsi gula. Dalam sehari, hanya sebanyak 50 gram per hari atau setara 4 sendok makan. Sedangkan American Heart membuatnya, maksimal sebanyak 9 sendok teh per hari atau 150 kalori untuk laki-laki dan 6 sendok teh atau 100 kalori untuk wanita.

Yang menjadi permasalahan adalah gula memiliki seribu wajah dimana gula bukan hanya gula pasir namun juga terkandung dalam buah-buahan, saus, beras putih, madu dan lainnya yang mengandung gula. Maka sebab itu, kurangi makanan yang main meskipun gula tersebut adalah gula alami.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO